Breaking News:

ANAMBAS TERKINI

Curi Ikan di Laut Natuna, Kapal Vietnam Ditangkap KRI Bung Tomo, Dibawa ke Lanal Tarempa

Danlanal Tarempa, Letkol Laut (P) Erfan Indra Darmawan bilang,mereka patut diduga telah melakukan pelanggaran perikanan.

Penulis: Rahma Tika | Editor: Dewi Haryati
TRIBUNBATAM.ID/RAHMA TIKA
Kapal Ikan Asing (KIA) KG.90186 TS dari Vietnam dengan 12 ABK kapal ditangkap oleh KRI Bung Tomo 357, saat ini diamankan bersama Lanal Tarempa di Pelabuhan Sri Tanjung, Kecamatan Siantan, Selasa (25/8/2020). 

Editor: Dewi Haryati

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS - Kapal perang Republik Indonesia (KRI) Bung Tomo 357 menangkap Kapal Ikan Asing (KIA) KG.90186 TS asal Vietnam, Minggu (23/8/2020) lalu sekira pukul 21.40 Wib di perairan Natuna, Kepri.

Selanjutnya, kapal itu dibawa ke Lanal Tarempa di Pelabuhan Sri Tanjung, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepri.

"Mereka patut diduga telah melakukan pelanggaran perikanan. Kapal ditangkap KRI Bung Tomo 357 yang sedang melaksanakan patroli di bawah kendali komando gugus tempur Koarmada I," ujar Komandan Lanal Tarempa Letkol Laut (P) Erfan Indra Darmawan di Pelabuhan Lanal Sri Tanjung, pada Selasa (25/8/2020).

Pantauan tribunbatam.id di lokasi, para prajurit Lanal Tarempa sudah menunggu kedatangan KIA K6.90186 TS yang dikawal oleh prajurit KRI Bung Tomo 357.

Kapal yang berwarna biru les putih itu membawa 12 ABK kapal dan bersandar di pelabuhan.

Kasus Covid-19 Naik Terus, Bupati Karimun Kaji Opsi Lockdown, Pasien Terakhir Baru Pulang dari Depok

Stok Alat Rapid Test di RSUD Bintan Kosong, Warga Mengeluh Biaya Lebih Mahal Jika Urus di Swasta

Saat tiba di pelabuhan, dari 12 ABK itu ditemukan seorang anak di bawah umur.

Di lokasi, petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan sudah menunggu ABK kapal untuk dicek suhu tubuhnya, dan disemprot disinfektan.

Erfan menyampaikan kronologis penangkapan KIA ini dengan memperlihatkan peta Laut Natuna.

"Ini adalah landasan kontinen (sambil menunjuk peta), garis yang telah disepakati oleh Indonesia dan Vietnam. Kapal ini dideteksi oleh KRI Bung Tomo 357 berada di dalam landasan kontinen yang berdaulat dari NKRI..

Mereka melakukan pengenjaran, mendeteksi, kenali dan penilaian tindakan pemandu dengan melaksanakan penggelapan peran tempur untuk bahaya permukaan," ungkapnya.

Ia melanjutkan, saat didekati KRI Bung Tomo 357, KIA tersebut sedang melakukan penangkapan ikan pada saat malam hari.

"Sehingga patut diduga dengan segala dokumennya telah melaksanakan pelanggaran untuk penangkapan ikan di wilayah NKRI," sebutnya.

Dengan melaksanakan protokol kesehatan, 12 ABK kapal akan diisolasi mandiri terlebih dahulu di Pelabuhan Lanal di Sri Tanjung..

Alami Rusak Mesin

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved