Breaking News:

TIPS CANTIK

Tips Kulit Wajah Tak Iritasi atau Jerawatan karena Pakai Masker Terlalu Lama

wajah yang berjam-jam tertutup masker menimbulkan munculnya masalah kulit seperti jerawat (mask-acne), kulit kering hingga iritasi kulit.

Kompas.com
ILUSTRASI - mask acne muncul karena masker memberikan kelembapan yang lebih di wajah. 

Editor: Anne Maria

TRIBUNBATAM.id, BATAM- Pandemi virus Corona membuat beberapa gaya hidup manusia berubah.

Guna mencegah penularan virus Corona, banyak negara yang mewajibkan masyarakatnya menggunakan masker.

Ya, di masa pandemi virus Corona (covid-19) ada kebiasan baru yang harus dipatuhi yaitu memakai masker dimanapun guna mengantisipasi penularan virus corona.

Sayangnya wajah yang berjam-jam tertutup masker menimbulkan munculnya masalah kulit seperti jerawat (mask-acne), kulit kering hingga iritasi kulit.

Ganti masker apabila terasa makser terasa lembap baik itu masker bedah ataupun masker kain yang juga direkomensasikan pemerintah bagi yang tidak mengalami sakit.

Awet Muda dan Tubuh Fit Meski Sudah Berusia 54 Tahun, Shah Rukh Khan Ungkap Tips Pola Dietnya

Pakai Masker Bikin Jerawatan, Pahami Cara Mencegah dan Menangangi Mask Acne

“Untuk mencegah jerawat akibat penggunaan masker, dapat dilakukan dengan mengganti masker kain setiap empat jam," ungkap dr. Sonia saat webinar bersama dengan Bamed, Rabu (26/8/2020).

Ilustrasi Jerawat
Ilustrasi Jerawat (Pixabay.com/Kjerstin_Michaela)

Di masa new normal ini, penggunaan makeup disarankan tidak usah tebal-tebal seperti sebelum adanya pandemi supaya tidak menutup penyerapan oleh pori-pori.

Namun jangan lupa juga untuk memakai produk perawatan kulit yang paling penting yaitu pelembap dan suncreen untuk tetap memproteksi kulit.

"Meminimalisir penggunaan makeup, menggunakan produk skincare non-comedogenic dan memilih pelembap wajah yang ringan untuk mencegah sumbatan pori-pori," kata dr. Sonia.

Masker wajah untuk kulit kering saat musim dingin.
Masker wajah untuk kulit kering saat musim dingin. (BLODSKY)

Satu lagi kebiasan baru di masa new normal ini adalah rajin mencuci tangan karena tangan bisa menjadi sumber penularan karena sering memegang benda apapun yang bisa terpapar oleh droplet penderita covid-19.

Dr. Sonia mengingatkan untuk memakai pelembap atau hand cream setelah mencuci tangan supaya kulit tidak kering danniritasi.

"Utamakan mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun. Bila tidak tersedia air mengalir dan sabun, gunakan hand sanitizer dan tetap aplikasikan pelembap setelah mencuci tangan,” pungkas dr. Sonia.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Tips Agar Kulit Wajah Tetap Sehat, Tak Iritasi atau Jerawatan karena Lama Memakai Masker
Penulis: Apfia Tioconny Billy

Editor: Anne Maria
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved