Breaking News:

BATAM TERKINI

Siap-siap, Kepala Satpol PP Batam: Sanksi Protokol Kesehatan Mulai Berlaku Besok

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Batam, Salim menegaskan, mulai besok penerapan sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan akan dimulai

TRIBUNBATAM.ID/HENING SEKAR UTAMI
Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, diwawancarai di depan Kantor DPRD Kota Batam, Senin (14/9/2020). Amsakar mengatakan, saat ini sejumlah petugas telah terjun ke ruang-ruang publik untuk mengedukasi dan menyosialisasikan kepada masyarakat terkait protokol kesehatan. 

Editor: Dewi Haryati

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Pemerintah Kota Batam akan mulai menerapkan sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan terhitung, Selasa (15/9/2020) besok.

Sanksi akan diberikan kepada masyarakat maupun badan usaha yang tidak mematuhi protokol kesehatan.

Dalam hal ini, Pemko Batam telah mengeluarkan Peraturan Wali Kota (Perwako) Nomor 49 tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan di Kota Batam.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Batam, Salim menegaskan, mulai besok penerapan sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan akan dimulai.

"Sanksi kan bertingkat, tahap awal teguran dulu," kata Salim melalui pesan singkatnya.

Sanksi Denda di Perwako 49/2020 Ditunda, Wali Kota Batam: Saya Tak Mau Memberatkan Masyarakat

Hindarkan Warga Kena Sanksi, Tim Covid dan Gabungan Ormas Sosialisasikan Perwako di Sagulung Batam

Ia menambahkan selain mulai menerapkan sanksi teguran, timnya akan terus menyosialisasikan penerapan protokol kesehatan, baik untuk masyarakat maupun badan usaha agar tidak ada lagi masyarakat Kota Batam yang terpapar Covid-19.

Lebih lanjut, Pemko Batam masih mengutamakan prinsip edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat Kota Batam terkait Perwako 49/2020.

Terpisah, Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad mengatakan, paling tidak sanksi yang akan diberlakukan terlebih dahulu hanya sebatas sanksi teguran lisan atau tulisan.

"Substansinya kan bagaimana agar di masyarakat muncul kesadaran kolektif," ujar Amsakar, ditemui di Kantor DPRD Kota Batam.

Ia melanjutkan, saat ini sejumlah petugas telah terjun ke ruang-ruang publik untuk mengedukasi dan menyosialisasikan kepada masyarakat terkait protokol kesehatan.

Amsakar sendiri menyatakan, masih belum mengecek perkembangan penerapan sanksi denda Perwako di lapangan, juga terkait uang denda yang masuk ke dalam Kas Daerah.

"Saya belum melacak perkembangan itu, penekanan kami sementara ini edukasi dan sosialisasi," tambah Amsakar.

(tribunbatam.id/Argianto/Hening Sekar Utami)

Penulis: Argianto
Editor: Dewi Haryati
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved