Breaking News:

VIRUS CORONA DI INDONESIA

Kepri Ada Satu, 34 Daerah Berganti Zona dari Merah ke Oranye, Cek Daftarnya di Sini

Ada 34 kabupaten dan kota yang berubah dari zona risiko tinggi menjadi zona risiko sedang penularan virus corona dalam sepekan terakhir

ist
Ilustrasi peta sebaran kasus corona di Batam. Batam Kota menjadi episentrum penyebaran pandemi, menyusul kecamatan-kecamatan lain di Batam. 

Kepri Ada Satu, 34 Daerah Berganti Zona dari Merah ke Oranye, Cek Daftarnya di Sini

TRIBUNBATAM.id - Saat kepastian vaksin Covid-19 belum jelas kapan benar-benar tersedia untuk disebarkan ke publik, kabar baik sedikit menghibur di tengah gempuran corona yang bertubi-tubi.

Satgas Penanganan Covid-19 menyatakan, daerah-daerah yang tadinya sempat berzona merah penyebaran pandemi, saat ini sudah berganti menjadi zona oranye.

BATAM Zona Merah Covid-19, Penumpang Lion Air di Bandara Hang Nadim Masih Tetap Ramai

Pergantian zona ini terjadi pada sepekan terakhir, setelah pernyebaran pandemi di sejumlan daerah dianggap sudah menurun sedikit, meski belum benar-benar pulih dari serangan corona.

8 Dari 12 Kecamatan di Batam Berstatus Zona Merah, Ini Satu-satunya Kecamatan Masih Bebas Covid-19

Seperti diketahui, corona kembali menyerang dan kasus positif terkonfirmasi Covid-19 kembali meningkat sejak Juli hingga Agustus lalu.

Satgas Penanganan Covid-19 mengungkapkan, ada 34 kabupaten dan kota yang berubah dari zona risiko tinggi (merah) menjadi zona risiko sedang (oranye) penularan virus corona dalam sepekan terakhir.

Menurut Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers dari Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (15/9/2020), zonasi ini disusun berdasarkan tiga indikator, yakni epidemiologi, surveilans kesehatan masyarakat, dan pelayanan kesehatan.

Berdasarkan data yang dirilis Tim Gugus Covid-19 Batam, 8 dari 12 kecamatan yang ada di Batam kini sudah berstatus zona merah.
Berdasarkan data yang dirilis Tim Gugus Covid-19 Batam, 8 dari 12 kecamatan yang ada di Batam kini sudah berstatus zona merah. (ISTIMEWA)

Dari tiga indikator itu, pemerintah menetapkan zonasi merah (risiko tinggi), oranye (risiko sedang), kuning (risiko rendah), dan hijau (tanpa kasus).

Pasien Positif Covid-19 di Batam Tambah 34 Orang, 8 Kecamatan Masuk Zona Merah

Wiku mengatakan, pihaknya sangat menghargai upaya 34 kabupaten/kota ini yang telah mampu mengurangi risiko penularan Covid-19 menjadi lebih baik.

Ia berharap, pemerintah di 34 daerah tersebut terus bekerja maksimal.

"Meskipun zonanya masih zona oranye harus didorong lagi menjadi zona kuning dan hijau," kata dia.

Akhir Agustus Kasus Covid-19 Batam Capai Rekor Tertinggi, Sebulan 320 Kasus, 6 Kecamatan Zona Merah

Halaman
1234
Editor: Azmi S
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved