Breaking News:

ANAMBAS TERKINI

Soal UMK 2021 di Anambas, Ini Penjelasan Kepala DPMPTSP dan Nakertrans

Dalam menghitung UMK, terdapat sejumlah komponen utama seperti tingkat inflasi nasional dan PDB. Cara menghitung UMK, sudah diatur dalam PP 78/2015.

TRIBUNBATAM.ID/RAHMA TIKA
BAHAS UMK - Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kepulauan Anambas, Yunizar. Pembahasan UMK 2021 berkemungkinan dilaksanakan akhir tahun ini. 

Editor: Septyan Mulia Rohman

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas belum menetapkan nilan Upah Minimum Kabupaten/Kota ( UMK ) 2021.

Melalui Organisasi Perangkat Daerah ( OPD )-nya, Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu ( PTSP ), Tenaga Kerja dan Transmigrasi, pembahasan mengenai UMK yang akan berlaku pada 2021 berkemungkinan akan dilaksanakan pada akhir tahun 2020.

Seperti diketahui, nilai UMK Anambas untuk tahun ini disepakati sebesar Rp 3.501.441.

“Pembahasannya di akhir tahun. Selain dewan pengupahan provinsi, kami mengundang unsur pengusaha atau KADIN dan perwakilan dari serikat buruh atau pekerja,” ucap Kepala inas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu ( PTSP ), Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kepulauan Anambas, Yunizar, Rabu (16/9/2020).

Ia mengungkapkan, dalam menetapkan UMK, terdapat formula yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat.

Beberapa komponen utama seperti angka inflasi nasional dan Produk Domestik Bruto ( PDB ), punya peranan penting dalam penetapan UMK di suatu daerah.

Cara menghitung UMK, sudah diatur dalam PP 78/2015.

Menurutnya, perlu ada penyesuaian di daerah seperti angka inflasi, termasuk survei Kebutuhan Hidup Layak (KHL).

Di Anambas, terdapat penyesuaian dalam menetapkan nilai UMK. Selain angka formula nasional yang sudah ditetapkan sebesar 8,51 persen, terdapat tambahan 2 persen karena adanya survei KHL. Sehingga total menjadi 10,51 persen.

Halaman
1234
Penulis: Rahma Tika
Editor: Septyan Mulia Rohman
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved