Breaking News:

Penyanyi Legendaris Bollywood, SP Balasubrahmanyam (SPB) Tutup Usia di Chennai, India

Berita duka datang dari dunia Bollywood. Penyanyi Playback Bollywood Legendaris, SP Balasubrahmanyam alias SPB menghembuskan nafas terakhirnya, pada..

The Indian Express
SP Balasubrahmanyam (SPB) 

TRIBUNBATAM.id, INDIA - Berita duka datang dari dunia Bollywood. Penyanyi Playback Bollywood Legendaris, SP Balasubrahmanyam alias SPB menghembuskan nafas terakhirnya, pada 25 September 2020, diusia 74 tahun.  

Pada minggu pertama Agustus 2020, SP Balasubrahmanyam, yang akrab disapa SPB ini, dinyatakan positif terinfeksi Covid-19.  

Karena Covid-19 yang dideritanya masih tergolong kasus ringan, SPB diminta untuk mengarantina dirinya di rumah. Namun, setelah keluarga khawatir dengan kesehatannya yang terus memburuk, SPB kemudian dilarikan ke rumah sakit hingga masuk ICU. 

Pada 13 Agustus 2020, kondisinya sempat membaik. Namun kemudian kembali memburuk hingga SPB harus dipasang Ventilator. 

Memasuki bulan September, kondisi SPB terus memburuk. Selama lebih dari sebulan, dia menggunakan ECMO dan dukungan ventilator.

Pada 13 September 2020, ia dinyatakan negatif Covid-19. 

Meski dinyatakan negatif, namun penyakitnya terus menggerogotinya dan pada 23 September kondisinya sangat kritis.

Tepat pada pukul 13.04 (waktu setempat) Jumat, 25 September 2020, SPB meninggal dunia.

Putranya, SP Charan, berbicara kepada media dan mengatakan: "Ayah saya menghembuskan nafas terakhirnya pada pukul 13:04 (waktu India). Terima kasih semuanya atas do'amu. Ayahku akan hidup lama sampai penggemarnya mengingatnya", katanya seperti dilansir The Indian Express

SP Balasubrahmanyam meninggalkan seorang istri, Savitri dan dua orang anak, yaitu Pallavi dan SP Charan. Proses pemakaman akan dilakukan oleh putranya, SP Charan. 

Kematian SP Balasubrahmanyam mengejutkan industri film Selatan. Selebriti dan para penggemar terkejut mengetahui kabar bahwa penyanyi dengan senyum yang menular itu tidak ada lagi. 

SPB adalah seorang yang multi talenta. Dia telah bekerja sebagai penyanyi, aktor, sutradara musik, artis sulih suara, dan produser film dalam berbagai bahasa. Dalam karirnya selama lima dekade, dia telah menyanyi lebih dari 40.000 judul lagu dalam beberapa bahasa.

Dalam kariernya yang panjang, dia telah memenangkan beberapa penghargaan dan penghargaan atas suaranya yang merdu. Bahkan, dia pernah memenangkan Guinness World Record untuk rekaman lagu terbanyak.

Dia juga sempat memperoleh Penghargaan Bangsa untuk Penyanyi Playback Pria Terbaik enam kali dan telah mengantongi Penghargaan Nandi di perfilman Telugu sebanyak 25 kali.

SPB juga dianugerahi penghargaan tertinggi dari pemerintah India 'Padma Shri Award' pada tahun 2001 dan 'Padma Bhushan' pada tahun 2011. (*)  

Arti Kedutan di Betis Kanan, Pertanda Memperoleh Rezeki hingga Mendapat Sanjungan

CATAT! Perusahaan Obat Asal China SINOVAC Siap Distribusikan Vaksin Virus Corona mulai 2021

Dapat Banyak Dukungan, Pemimpin Oposisi Malaysia Anwar Ibrahim Siap Gulingkan PM Muhyiddin Yassin

Pelabuhan Batu Ampar Batam Akan Lebih Modern, Begini Nasib Tenaga Kerja Bongkar Muat

Ditinggal Suami Jadi TKI, Mamah Muda Anak 2 Cari Kepuasan ke Guru SD, Pernah Berhubungan di Kelas

Penulis: Lia Sisvita Dinatri
Editor: Lia Sisvita Dinatri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved