Breaking News:

VIRUS CORONA DI BATAM

RSKI Covid-19 di Galang Over Kapasitas? Rusun BP Batam Disiapkan Jadi Transit Pasien Corona

Data Tim Gugus Tugas Covid-19 Batam, ada sekitar 451 pasien tertampung di RSKI Covid-19 dari kapasitas normal yang hanya 360 tempat tidur.

TRIBUNBATAM.id/ALAMUDIN HAMAPU
KUNJUNGAN RSKI COVID-19 - Dr Kolonel Khairul Ihsan Nasution, Kepala RSKI Covid-19 Pulau Galang Batam (pakai masker biru) saat mendampingi Danrem 033/WP Kolonel Inf Hartono saat meninjau Rumah Sakit Khusus Infeksi Covid-19 di Pulau Galang Batam beberapa waktu lalu. 

Editor: Septyan Mulia Rohman

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Kondisi kapasitas penampungan Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Covid-19 Galang telah melebihi batas.

Data Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam, kini telah ada sekitar 451 pasien tertampung di dalamnya dari kapasitas normal yang hanya 360 tempat tidur.

Melihat hal ini, Wali Kota Batam, Muhammad Rudi juga mengakui bahwa kapasitas rumah sakit hingga kini telah mencapai batasnya.

"Tidak siap lagi (kapasitas rumah sakit). Solusinya adalah bagaimana yang sakit ini cepat sembuh," tegas Rudi saat ditemui belum lama ini.

Kemudian Rudi mengakui bahwa ada rencana penambahan tempat penampungan pasien Covid-19 yang jumlahnya kian meningkat tersebut.

Meski demikian, lokasi cadangan ini hanya dikhususkan bagi pasien dengan riwayat tanpa gejala..

Sebab, menurutnya, pasien-pasien dengan gejala sedang dan berat dapat dievakuasi langsung ke rumah sakit rujukan.

"OTG semuanya kita titipkan di situ. Asrama Haji dulu kan sudah kami siapkan. Kami berharap dalam 14 hari semua sehat, bisa dikeluarkan semua," jelas Rudi.

Wacana penambahan lokasi penampungan pasien Covid-19 juga dibenarkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi.

Diwawancarai pada Kamis (24/9), Didi mengakui bahwa rumah susun (Rusun) BP Batam akan menjadi pilihan alternatif bagi pasien virus Corona.

Menurut Didi, lokasi rusun BP Batam hanya dijadikan tempat transit bagi pasien Covid-19.

Nantinya, pasien yang akan dititipkan ke dalam rusun adalah kasus-kasus orang tanpa gejala (OTG).

Oleh karena banyak pasien OTG yang akan ditampung, lokasi rusun BP Batam di kawasan Tanjunguncang tidak dilengkapi dengan fasilitas medis seperti di rumah sakit lainnya, melainkan hanya ada sejumlah tenaga medis dan kesehatan yang akan berjaga.

Diwakili Tim BLC, Gubernur Kepri Isdianto Kirim Bantuan Madu dan Masker Medis ke RSKI Galang

47 Pasien Suspek Covid-19 Dipulangkan, Kini RSKI Galang Batam Fokus Tangani Pasien Positif Corona

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved