Breaking News:

ASET BP BATAM

Peningkatan Kualitas Air Dam Melalui IPAL

Manajer Air Baku BU Fasling BP Batam, Hadjad Widagdo, pun menyatakan upaya-upaya penjagaan kualitas air di waduk-waduk sangat penting.

ISTIMEWA
Manajer Pengolahan Air Limbah BU Fasling BP Batam, Iyus Rusmana (kiri) tengah memaparkan mekanisme pengolahan air limbah melalui IPAL di kawasan Bengkong Sadai, Kota Batam. 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Air adalah sumber daya alam utama dalam kehidupan masyarakat Batam.

Hingga kini, aktivitas industri maupun rumah tangga di Kota Batam sangat bergantung pada tampungan air hujan di waduk-waduk.

Manajer Air Baku BU Fasling BP Batam, Hadjad Widagdo, pun menyatakan upaya-upaya penjagaan kualitas air di waduk-waduk sangat penting.

"Waduk itu seperti jantungnya Kota Batam, yaitu sebagai sumber air bagi seluruh aktivitas masyarakat Batam," ujar Hadjad menggambarkan betapa pentingnya keberadaan waduk di tengah masyarakat Kota Batam.

Dalam hal ini, Badan Pengusahaan (BP) Batam telah menerapkan berbagai upaya. Mulai dari pembersihan area dam dari gulma eceng gondok secara rutin, penindakan aktivitas ilegal di dalam area waduk, hingga pelestarian daerah tangkapan air yang sebagian besarnya adalah kawasan hutan.

Sementara itu, dalam upaya mencegah pencemaran air waduk dari limbah rumah tangga, BP Batam telah membangun instalasi pengolahan air limbah (IPAL) khusus untuk menampung dan mengolah limbah rumah tangga di Batam.

Saat ini, bangunan waste water treatment plant (WWTP) IPAL BP Batam telah tersedia di kawasan Bengkong Sadai.

Bangunan IPAL ini terhubung dengan jaringan perpipaan di beberapa kawasan perumahan Batan Center.

"Nantinya, limbah-limbah rumah tangga yang di Batam Center yang semula mencemari dam Duriangkang bisa tertampung dalam IPAL, kemudian diolah menjadi air bersih dan pupuk kompos," jelas Manajer Pengolahan Air Limbah BU Fasling, BP Batam, Iyus Rusmana.

Harapannya, dengan dibangunnya IPAL oleh BP Batam, kawasan waduk di Kota Batam akan terbebas dari pencemaran limbah rumah tangga. (adv)

Editor: Tri Indaryani
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved