Breaking News:

PENANGANAN COVID

Cegah Corona di Pasar Rakyat Batam, Pembeli Tak Pakai Masker Tak Akan Dilayani

Kesepakatan di pasar rakyat itu setelah gugus tugas Covid-19 dengan Disperindag Kota Batam. Mereka yang melanggar, tidak dibolehkan masuk pasar.

TribunBatam.id/Istimewa
SOSIALISASI - Kabid Pasar di Disperindag Kota Batam, beberapa waktu lalu, memberikan sosialisasi kepada para pedagang di Pasar Rakyat Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau terkait pemberlakuan Perwako Batam Nomor 49 Tahun 2020. 

Editor: Septyan Mulia Rohman

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Setiap calon pembeli yang tidak mengenakan masker tidak akan dilayani oleh penjual di seluruh Pasar Rakyat Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Itulah satu poin kesepakatan yang dibuat oleh Satuan Tugas (Satgas) Pengendalian Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di Pasar dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam.

"Sanksi lain adalah mereka tidak boleh masuk pasar. Mereka juga diberi sanksi sosial," ungkap Zulkarnain, Kepala Bidang (Kabid) Pasar di Disperindag Kota Batam kepada TRIBUNBATAM.id, Kamis (15/10/2020) siang.

Dia menegaskan setiap pedagang dan pembeli wajib mengenakan masker dan dicek suhu badan ketika masuk ke pasar.

Mereka juga harus menjaga jarak, ada plastik pemisah antara penjual dan pembeli dan setiap pasar wajib menyediakan tanki air untuk mencuci tangan.

"Di setiap pasar sudah dibentuk Satgas Pengendalian Covid-19. Mereka memantau pasar dan keliling ke lingkungan pasar lalu melaporkan ke dinas terkait perkembanganya," ungkap Zulkarnain.

Menurut Zulkarnain, semua ketentuan tersebut dilakukan dalam rangka menerapkan Peraturan Wali Kota (Perwako) Batam Nomor 49 Tahun 2020.

Perwako tersebut mengatur Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan Dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 di Kota Batam.

Zulkarnain mengingat para pedagang dan calon pembeli terkait sanksi tegas yang akan ditegakkan ketika Perwako itu mulai diberlakukan nanti.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved