Breaking News:

Saat Menhan Prabowo Subianto Pidato Soal Alih Fungsi Lahan, 'Apakah Kita Bisa Makan Beton'

Berbicara dalam Rapat Senat Terbuka Dies Natalis ke-57 Fakultas Kehutanan UGM secara virtual, Prabowo Subianto menyoroti alih fungsi lahan

Instagram @prabowo
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto 

TRIBUNBATAM.ID - Berbicara dalam Rapat Senat Terbuka Dies Natalis ke-57 Fakultas Kehutanan UGM secara virtual, Prabowo Subianto menyoroti soal alih fungsi lahan pertanian jadi real estate.

Menurut Menteri Pertahanan, jumlah pertumbuhan penduduk semakin meningkat sementara lahan pertanian malah menyusut karena masifnya alih fungsi lahan.

Baca juga: Tanggul Jebol Rendam Puluhan Hektare Lahan Pertanian, Puluhan Pohon Pun Bertumbangan

Baca juga: Hama Walang Sangit Serang Lahan Pertanian di Jemaja, Begini Kondisi Terakhir Serangan!

Ucapan itu disampaikan Prabowo Subianto pidatonya berjudul 'Dukungan Sektor Kehutanan untuk Kedaulatan Pangan Nasional' pada Jumat (23/10/2020).

Menhan Prabowo Subianto
Menhan Prabowo Subianto (tribunnews.com)

"Begitu banyak lahan untuk pertnian beralih menjadi real estate.

Pertanyaannya adalah apakah kita bisa makan semen?

Apakah kita bisa makan beton?

Baca juga: Lahan Bekas Tambang Bauksit Ancam Lahan Pertanian

Baca juga: Petani Curhat Status Lahan Pertanian, Ini Jawaban Walikota Batam

Untuk apa menara-menara apartemen dan real estate hebat-hebat kalau rakyat tidak bisa makan," kata Prabowo dilansir dari chanel Youtube Kehutanan UGM.

Prabowo Subianto pun berbicara soal tesis Robert Malthus yang menyebut pertumbuhan penduduk cenderung melampaui ketersediaan makanan.

Baca juga: Pemko Tanjungpinang Buka Lahan Pertanian 20 Hektare, Inikah Lokasinya?

Hal tersebut karena penduduk menurut Malthus tumbuh seperti deret ukur sedangkan persediaan makanan bertambah seperti deret hitung.

Untuk itu, Prabowo Subianto mengajak semua pihak untuk bahu membahu mewujudkan kedaulatan pangan dalam negeri.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mendapat sanjungan dari Anggota DPR Fraksi PDIP, TB Hasanuddin. Hal itu diungkapkan TB Hasanuddin setelah mendengar pidato visi misi Prabowo Subianto dalam Rapat Perdana dengan Komisi I DPR pada Senin, (11/11/2019).
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mendapat sanjungan dari Anggota DPR Fraksi PDIP, TB Hasanuddin. Hal itu diungkapkan TB Hasanuddin setelah mendengar pidato visi misi Prabowo Subianto dalam Rapat Perdana dengan Komisi I DPR pada Senin, (11/11/2019). (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

"Ketahanan pangan, kemandirian pangan, dan terutama kedaulatan pangan harus menjadi tekad bersama untuk kita wujudkan bersama-sama," ujarnya.

Perang masa depan

Belajar dari sejarah, Prabowo Subianto mengatakan awal mula masuknya kolonial ke Indonesia karena tergiur rempah-rempah.

Menurut dia, banyak ahli pertahanan di dunia yang mengatakan ke depan akan terjadi perang memperebutkan potensi sumber daya alam, termasuk pangan di dalamnya.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved