Breaking News:

PILKADA BATAM

Cara Membuat Laporan Pelanggaran Pilkada Kepri ke Bawaslu Batam

Bawaslu Batam meminta masyarakat tidak ragu untuk melaporkan adanya indkasi pelanggaran selama tahapan Pilkada Kepri.

Penulis: | Editor: Septyan Mulia Rohman
TribunBatam.id/Istimewa
BAWASLU BATAM - Koordinator Divisi Hukum, Humas dan Data Informasi Bawaslu Kota Batam, Mangihut Rajagukguk menyebutkan, terdapat persyaratan dan tahapan yang harus dilalui untuk membuat laporan pelanggaran Pilkada Kepri ke Bawaslu Batam. 

Editor: Septyan Mulia Rohman

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Bawaslu Batam meminta masyarakat tidak perlu ragu melaporkan adanya indikasi pelanggaran di Pilkada Batam.

Ini menurutnya penting untuk menjaga pelaksanaan Pilkada Kepri di Batam tetap berjalan sesuai aturan.

Pelaksanaan Pilkada Kepri tinggal 45 hari lagi. Berbagai tahapan Pemilihan terus berjalan sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

Koordinator Divisi Hukum, Humas dan Data Informasi Bawaslu Kota Batam, Mangihut Rajagukguk, menegaskan kepada pesera pemilihan agar tetap mematuhi protokol kesehatan jika berkampanye.

Ia juga mengajak masyarakat agar melaporkan dugaan pelanggaran baik pelanggaran kode etik, pelanggaran administrasi, hingga pelanggaran pidana.

“Saya mengimbau, kepada setiap peserta pemilihan agar mematuhi protokol kesehatan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Jika tidak, maka akan dikenakan sanksi,” tuturnya dalam keterangan yang diterima TribunBatam.id, Minggu (25/10/2020).

PENERTIBAN - Penertiban spanduk calon kepala daerah di Kecamatan Sagulung Batam melibatkan Bawaslu Batam, Satpol PP dan pihak kepolisian, Jumat (9/10/2020)
PENERTIBAN - Penertiban spanduk calon kepala daerah di Kecamatan Sagulung Batam melibatkan Bawaslu Batam, Satpol PP dan pihak kepolisian, Jumat (9/10/2020) (TRIBUNBATAM.ID/IAN SITANGGANG)

Bawaslu Batam juga mengajak masyarakat agar menjadi pengawas partisipatif secara aktif dalam lingkungannya.

Terlebih, jika menemukan dugaan pelanggaran yakni, kode etik, administrasi maupun pidana dapat melaporkan kepada Bawaslu Kota Batam agar terwujudnya pemilu yang jujur dan adil.

Mangihut Rajagukguk juga menerangkan syarat-syarat untuk membuat laporan kepada Bawaslu Kota Batam.

Adapun sejumlah persyaratannya sebagai berikut:

Laporan dapat disampaikan oleh:

a. warga negara Indonesia yang memiliki hak pilih pada
Pemilihan setempat;

b. pemantau Pemilihan yang telah terdaftar dan memperoleh akreditasi dari KPU Provinsi atau KPU Kabupaten/Kota sesuai dengan cakupan wilayah pemantauannya; atau

Halaman
123
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved