Breaking News:

Nasib Pengelolaan SPAM Kota Batam, Warga: Yang Akan Merasakan Dampaknya Adalah Warga Batam

Warga Batam mulai bereaksi terhadap rencana pemerintah dalam mengelola Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di kota Batam.

ist
Pelayanan Air Kota Batam. Warga mulai bereaksi terhadap nasib pelayanan air bersih di Kota Batam pasca konsesi ATB berakhir. 

TRIBUNBATAM.id - Warga Batam mulai bereaksi terhadap rencana pemerintah dalam mengelola Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di kota Batam.

Warga meminta agar pemerintah transparan, karena pada akhirnya merekalah yang akan merasakan dampaknya.

“Jangan semuanya diputuskan di jajaran atas. Karena yang akan merasakan adalah warga Batam,” ujar Raharti Wahyuningsih, warga di Perumahan Tiban Mcdemott, Batam.

Raharti mempertanyakan langkah pemerintah mengambil keputusan terkait pengelolaan air di Batam tanpa melibatkan warga. Menurutnya, penting bagi pemerintah untuk menggali pendapat publik agar keputusan yang dihasilkan benar-benar sesuai dengan kehendak publik.

Dia meminta pemerintah memberikan questuioner kepada warga. Hasil questioner akan menunjukan pendapat publik secara kolektif.

“Warga harus ditanya bagaimana selama ini pelayanan air bersih yang dirasakan? Apakah setuju (ATB) diganti?” imbuhnya.

Secara pribadi dia menilai tidak ada alasan untuk mengganti ATB dengan operator lain.

Karena menurutnya pelayanan air bersih di Kota Batam sudah berjalan sangat baik. Tidak ada kendala baik dari sisi pelayanan pelanggan, maupun distribusi air.

“Selama ini tidak ada masalah. Lancar-lancar saja. Kualitas air baguis, air jernih, lancar. Sangat disayangkan kalau harus diganti,” ujarnya.

Justru keputusan pemerintah mengganti ATB dinilai sangat beresiko. Karena operator baru belum punya pengalaman seperti yang dimiliki ATB. Terutama untuk Batam yang sumber airnya terbatas, dan kontur wilayahnya yang berbukit-bukit.

Halaman
12
Editor: Agus Tri Harsanto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved