Breaking News:

Fakta-fakta Waduk Duriangkang Batam

Waduk Duriangkang adalah waduk terluas di seluruh wilayah Kota Batam, sebagai penyuplai air baku bagi sebagian besar warga Batam.

ISTIMEWA
Waduk Duriangkang, Batam 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Waduk Duriangkang adalah waduk terluas di seluruh wilayah Kota Batam, sebagai penyuplai air baku bagi sebagian besar warga Batam.

Waduk ini dibangun di kawasan Kelurahan Mukakuning, Tanjung Piayu, Kecamatan Sei Beduk. Adapun tinggi bendungan mencapai 10 meter, dengan panjang 952 meter.

Sedangkan luas area tangkapan airnya yang terdiri dari lingkungan perhutanan, sebesar 7.259,10 hektar. Waduk ini telah mulai dibangun pada tahun 1990 dan baru beroperasi di tahun 2001.

"Bendungan ini adalah estuary dam yang terbesar di Asia Tenggara, dan ini pertama di Indonesia," ujar Manajer Air Baku, BP Batam, Hadjad Widagdo.

Mulanya, air yang tertampung dalam Waduk Duriangkang ini merupakan kandungan air asin, yang kemudian berubah menjadi air tawar yang dapat diolah menjadi air bersih.

Waduk Duriangkang yang memiliki kapasitas tampungan 101,2 juta m³, berfungsi sebagai penyedia air baku sebanyak 3000 liter per detik, dengan kapasitas produksi 2200 + 375 + 50 liter per detik. (adv)

Editor: Tri Indaryani
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved