Breaking News:

ASET BP BATAM

Resmikan Pipa Transmisi Tembesi - Mukakuning, BP Batam Jamin Ketersediaan Air 5 Tahun Mendatang

Pipa transmisi sepanjang 3,6 km akan difungsikan untuk mengalirkan air baku dari Waduk Tembesi guna mengisi kekeringan di Waduk Mukakuning.

ISTIMEWA
Interkoneksi antara Waduk Tembesi dan Waduk Mukakuning telah resmi berjalan dengan dibangunnya pipa transmisi oleh Badan Pengusahaan (BP) Batam, beberapa waktu lalu. 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Interkoneksi antara Waduk Tembesi dan Waduk Mukakuning telah resmi berjalan dengan dibangunnya pipa transmisi oleh Badan Pengusahaan (BP) Batam, beberapa waktu lalu.

Rencananya, pipa transmisi sepanjang 3,6 km tersebut akan difungsikan untuk mengalirkan air baku dari Waduk Tembesi guna mengisi kekeringan di Waduk Mukakuning.

"Nanti air baku di Waduk Mukakuning akan bertambah, karena mendapat pasokan dari Waduk Tembesi," ujar Plh Kepala BP Batam, Purwiyanto.

Pipa dengan kapasitas 600 liter per detik ini akan mengalirkan air payau dari Waduk Tembesi, untuk kemudian diolah menjadi air bersih yang sia didistribusikan, di water treatment plant (WTP) Waduk Mukakuning.

Guna mendorong pelayanan distribusi air secara cepat dan merata, BP Batam juga berencana akan menambah bangunan WTP di Waduk Mukakuning oleh karena tampungan air bakunya pun bertambah dari sebelumnya.

"Suplai air di Mukakuning kan nantinya akan bertambah, maka kita membutuhkan WTP tambahan untuk mengolah airnya menjadi air bersih," jelas Purwiyanto.

Dengan adanya penambahan suplai air, produksi air bersih dari Waduk Mukakuning juga akan bertambah 350 liter per detik.

Jumlah produksi ini diperkirakan mampu mencukupi kebutuhan air bersih di Kota Batam hingga lima tahun mendatang. (adv)

Editor: Tri Indaryani
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved