Breaking News:

ASET BP BATAM

BP Batam Imbau Masyarakat Hemat Penggunaan Air

BU Fasling BP Batam mengimbau masyarakat Batam untuk hemat air. Sebab, selama ini warga Batam terbilang cukup boros pakai air.

ISTIMEWA
Manajer Bendungan dan Air Baku BU Fasling BP Batam, Hadjad Widagdo. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Badan Usaha Fasilitas dan Lingkungan (BU Fasling) BP Batam mengimbau masyarakat Batam untuk menghemat penggunaan air.

Berbagai upaya pelestarian dan ketersediaan air bersih di waduk-waduk telah dilaksanakan oleh badan usaha ini dengan melibatkan pengerahan tenaga Ditpam, penggunaan alat berat harvester, hingga pembangunan IPAL.

Upaya ini mampu meminimalisir potensi pencemaran waduk serta menjaga ketersediaan air baku di sisi hulu. Namun meski demikian, Manajer Bendungan dan Air Baku, Hadjad Widagdo, menilai masyarakat dapat turut menjaga ketersediaan air waduk dari hilirnya.

"Di sini peran masyarakat, adalah dengan menghemat penggunaan air di rumah masing-masing," seru Hadjad.

Pasalnya, selama ini penggunaan air bersih oleh masyarakat Kota Batam terbilang cukup boros dengan kisaran rata-rata 200 liter per orang per hari. Padahal, umumnya di lingkup kota-kota besar, penggunaan air bersih hanya terhitung 144 liter per orang per harinya.

Apabila penggunaan air bersih tidak dijaga dan dikelola dengan baik, maka potensi surutnya air di waduk-waduk akan cepat terjadi. Hingga saat ini, waduk masih menjadi satu-satunya sumber air bersih di Batam.

"Ke depannya, BP Batam selalu meninjau potensi sumber air baku lainnya, contohnya dari IPAL, air laut, sampai sambungan antar pulau," tambah Hadjad. (adv)

Editor: Tri Indaryani
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved