Breaking News:

BERITA PEMPROV KEPRI

Pjs Gubernur Kepri Bahtiar Baharuddin Dorong Pemkab Karimun Buat Laboratorium Khusus Covid-19

Pejabat Sementara (Pjs) Gubernur Provinsi Kepulauan Riau Bahtiar Baharuddin, mendorong Pemkab Karimun untuk membuat laboratorium covid-19.

TribunBatam.id/Endra Kaputra
Pejabat Sementara (Pjs) Gubernur Provinsi Kepulauan Riau Bahtiar Baharuddin, mendorong Pemkab Karimun setempat untuk membangun laboratorium covid-19. 

Editor : Tri Indaryani

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Pejabat Sementara (Pjs) Gubernur Provinsi Kepulauan Riau Bahtiar Baharuddin, mendorong Pemkab Karimun setempat untuk membangun laboratorium covid-19.

Pembuatan laboratorium khusus covid-19 ini untuk mempermudah deteksi para penderita covid-19.

"Harapan kami itu. Kami minta Pemkab Karimun untuk menyusun APBD 2021 dan memasukkan anggaran pembuatan laboratorium milik pemerintah daerah," kata Bahtiar saat menyerahkan bantuan 100 ribu masker kepada Pemerintah Kabupaten Karimun di Rumah Dinas Bupati Karimun, Minggu (15/11/2020). 

Bahtiar menuturkan, dengan adanya laboratorium khusus Covid-19, lanjutnya, hasil pemeriksaan yang didapat bisa lebih cepat diketahui sehingga bisa dilakukan tindakan segera pada pasien yang terindikasi terpapar virus tersebut.

"Pengadaan peralatan kesehatan ini, lanjutnya, sangat urgen bagi Pemda guna memproteksi masyarakat supaya tidak tertular dan menularkan wabah ini ke orang lain. Upaya ini sebagai bentuk kesiapan Pemda terkait penanganan sekaligus pencegahan agar kasus positif tidak meluas,"  jelas dia.

Baca juga: UPDATE Covid-19 Kepri, 69 Pasien Sembuh Virus Corona, Tambah 13 Pasien Baru Covid-19

Ia sudah menginstruksikan kepada Sekretaris Daerah Provinsi Kepri TS Arif Fadillah untuk memelototi anggaran kabupaten/kota tahun  2021.

"Saya menegaskan apabila dana alokasi bagi penanganan dan pencegahan COVID-19 di semua kabupaten/kota se Kepri tidak jelas, maka jangan sekali-kali ditandatangani. Karena instruksi Mendagri sudah jelas terkait komitmen soal ini," paparnya.

Harapan Bahtiar, ia juga turut menekankan pentingnya menggunakan masker dengan baik dan benar untuk memutuskan mata rantai penyebaran COVID-19.

Ia mengatakan, masker adalah salah satu cara efektif mengikuti alur wabah ini.

Karena bagaimana pun, melawan Covid-19 secara vaksin belum ditemukan 100 persen hingga saat ini. 

"Selain penggunaan masker, kami minta pola hidup sehat masyarakat. Karena pola hidup sehat salah satu cara untuk menjaga imun kekebalan tubuh. Karena kalau tubuh sehat, maka virus tidak begitu mudah masuk," harap Bahtiar. (Tribunbatam.id/Leo Halawa)

Penulis: Filemon Halawa
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved