Breaking News:

PILKADA BATAM

Pilkada Batam - KPU, Bawaslu dan Polresta Barelang Gelar Simulasi Pemungutan Suara di Tanjungriau

Simulasi jelang Pilkada Batam ini digelar di lapangan bola Tanjung Riau, Sekupang, Sabtu (21/11/2020) pagi dan menerapkan protokol kesehatan

TRIBUNBATAM.ID
SIMULASI - Simulasi Pemungutan Suara di Tanjungriau, Batam, Sabtu (21/11/2020) sesuai protokol kesehatan jelang Pilkada Serentak 2020 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Polresta Barelang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Kegiatan ini bertujuan Untuk memberikan pemahaman kepada seluruh masyarakat atau calon pemilih yang akan menggunakan hak suaranya pada Pilkada Serentak 2020.

Simulasi digelar di lapangan bola Tanjung Riau, Sekupang, Sabtu (21/11/2020) pagi dan dibuat semirip mungkin dengan kondisi yang sebenarnya.

Kegiatan dihadiri oleh Ketua KPU Kepri, Ketua KPU Batam, PTPS Kelurahan, Kapolresta Barelang, Dandim 0316, Kabagops Polresta Barelang dan Kapolsek Sekupang.

Kapolresta Barelang, AKBP Yos Guntur mengatakan, pelaksanaan pemungutan suara di TPS tahun ini berbeda karena di tengah pandemi Covid 19. Dalam pelaksanaan simulasi, seluruh proses pemungutan suara dilakukan sesuai protokol kesehatan.

Baca juga: PILKADA BATAM - Kapolresta Barelang AKBP Yos Guntur SIK Tinjau Gudang Logistik KPU Batam

Baca juga: Logistik Pilkada Batam dan Kepri Bakal Didistribusikan Mulai 5 Desember 

“Dalam simulasi tersebut seluruh penyelenggara Pilkada maupun calon pemilih wajib menerapkan protokol kesehatan seperti penggunaan masker, mencuci tangan, jaga jarak hingga menggunakan sarung tangan," ujarnya.

Dari hasil simulasi, didapatkan tata cara atau tahapan yang wajib diikuti calon pemilih saat melakukan pencoblosan di TPS di antaranya:

a. Calon pemilih terlebih dahulu mencuci tangan sebelum masuk ke TPS

b. Melakukan pengecekan suhu tubuh dan apabila suhu tubuh calon pemilih dinyatakan normal selanjutnya diarahkan menuju ke KPPS 4 dan 5 untuk melakukan registrasi C6 atau menyerahkan surat pemberitahuan.

c. Pemilih dipersilahkan duduk di tempat antrian untuk menunggu panggilan
d. Pemilih menuju ke meja KPPS 1 untuk mengambil surat suara (saat dipanggil)

Halaman
12
Penulis: Rebekha Ashari Diana Putri
Editor: Dewi Haryati
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved