Breaking News:

PILKADA KEPRI

PILKADA KEPRI - Salehudin Kagumi Gagasan INSANI tentang Sekolah Maritim

Salehudin,warga Sei Enam, Bintan menyatakan kekagumannya kepada Isdianto Suryani, INSANI jelang Pilkada Kepri

TRIBUNBATAM.ID
SILATURAHMI JELANG PILKADA KEPRI - Calon Gubernur Kepri Isdianto bersilaturahmi dengan warga Sei Enam, Kabupaten Bintan, Sabtu (21/11/2020). Saat kedatangan Isdianto itu, seorang warga bernama Salehudin menyatakan kekagumannya kepada Isdianto-Suryani, INSANI 
BATAM, TRIBUNBATAM.id - Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Isdianto-Suryani (INSANI) kembali tancap gas berkampanye. Keduanya bersama pasangan calon lain, sebelumnya mengikuti debat Pilkada Kepri terbuka yang digelar KPU Kepri, Jumat (20/11/2020) malam.
Hari ini, Sabtu (21/11/2020), Isdianto bersilaturahmi dengan warga Sei Enam, Kabupaten Bintan. Ternyata, debat yang baru saja diikuti Isdianto bersama Suryani masih diingat jelas warga.
Satu di antaranya adalah Salehudin. Ia mengaku kagum dengan INSANI. Menurutnya, INSANI adalah pasangan ideal memimpin Kepri karena keduanya bisa saling mengisi dan melengkapi.
"Malam tadi bapak dan ibu Suryani luar biasa. Saling mengisi dan melengkapi. Pemimpin seperti itulah yang kita cari pak," ujar Salehudin.
Selain itu, pemaparan visi misi INSANI juga tidak bertele-tele, langsung pada persoalan. Demikian juga dengan program dan gagasan yang disampaikan pasangan tersebut mudah diterima masyarakat.
Hal yang paling berkesan, ucap dia, adalah saat Isdianto menyampaikan ingin menjadikan seluruh Kepri sebagai kawasan FTZ. Selain itu, juga mengenai sekolah maritim dan kelautan.
Menurutnya, hal itu sangat tepat lantaran wilayah Kepri yang didominasi laut.
"Kepri sebagian besar laut. Tapi, kami tidak tahu cara kelola hasil laut kita dengan baik. Sekolah kelautan dan maritim sangat cocok di sini. Dengan demikian anak-anak kita paham cara mengelola hasil laut," ucap dia.
Sedangkan Isdianto mengatakan, jika semalam adalah debat adu gagasan pertamanya bersama Suryani. Sehingga, perlu adaptasi terlebih dahulu baru bisa menguasai panggung.
"Tapi Alhamdulillah dari awal hingga akhir, debat berjalan lancar. Ini debat pertama kami. Jadi ada kendala sedikit, tapi Alhamdulillah kita bisa menguasai panggung," kata Isdianto.
Petahana Gubernur Kepri itu juga tidak lupa meminta restu dari masyarakat agar dapat melaksanakan program dan gagasan yang telah disampaikan pada debat.

"Saya yakin dan percaya, bapak dan ibu yang ada di sini bisa bersama dengan saya. Agar program dan gagasan yang telah kita susun ini dapat kita laksanakan dengan baik," ujarnya.
Sementara itu Suryani menggelar silaturahmi dengan warga Kota Batam.
Dalam debat terbuka, INSANI mengemukakan visinya untuk mewujudkan Kepulauan Riau Sebagai Bunda Tanah Melayu yang Maju, Gemilang, dan Unggul di Bidang Maritim. Ada enam sektor yang jadi prioritas dalam misi pasangan INSANI.

Masing-masing sektor pendidikan, kesehatan, perekonomian, maritim, agama dan sosial, dan tata kelola pemerintahan.
Di sektor pendidikan, INSANI akan menjamin ketersediaan pendikan gratis sampai tingkat SLTA di sekolah negeri dan memberi subsidi pendidikan untuk sekolah swasta serta memberikan beasiswa untuk anak Kepri berprestasi.
INSANI juga akan mendorong penguatan pendidikan karakter untuk membangun SDM Unggul dan berahlak mulia, pelestarian budaya melayu untuk menegaskan Kepri sebagai bunda tanah melayu dan memajukan sektor pendidikan informal dengan mendirikan sejumlah BLK (Balai Latihan Kerja) untuk menjamin kualitas tenaga kerja lokal.
Sementara di sektor kesehatan, INSANI akan menjamin akses terhadap layanan kesehatan gratis bagi masyarakat Kepulauan Riau, menjamin ketersediaan sarana dan prasarana penanganan dan pengendalian penyakit menular termasuk Covid-19, dan menyiapkan tenaga kesehatan yang berkualitas dan merata di semua daerah.
Pada sektor ekonomi, INSANI ingin mewujudkan perluasan kawasan FTZ sebagai basis percepatan pertumbuhan ekonomi di semua kabupaten/kota, menguatkan ekonomi kerakyatan yang didukung sektor industri dan UMKM yang tangguh, memberikan bantuan modal usaha bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah, dan memberikan hak-hak pekerja dan mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) termasuk tenaga kerja lokal yang terampil dan siap pakai.
Di bidang maritim, sebagai calon petahana, INSANI bakal meneruskan pengembangan ekonomi berbasis maritim, pariwisata dan pertanian untuk mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi di luar kawasan FTZ dan mengurangi kesenjangan antar wilayah.
Selain itu, INSAN juga akan mewujudkan pendidikan berbasis maritim sebagai salah satu jaminan sumber daya manusia yang unggul dan andal dan pengembangan program unggulan kawasan pedesaan (cluster ekonomi) Untuk Meningkatkan pendapatan nelayan dan petani.
Di sektor agama dan sosial, INSANI akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang beriman, dan bertakwa, berdaya saing, bermartabat, serta membangun ketahanan keluarga yang kokoh. Isdianto-Suryani juga akan menjamin perlindungan sosial bagi korban bencana dan komunitas adat terpencil serta kelompok rentan.
Selain itu, pemberian bantuan bagi penyandang disabilitas dan kelompok masyarakat pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial serta mewujudkan terciptanya kehidupan bermasyarakat yang agamis, tertib, rukun dan damai di bawah payung budaya Melayu juga masuk dalam misi INSANI dalam membangun Kepri.
Terakhir, pada tata kelola pemerintahan, INSANI akan mewujudkan tata kelola pemerintah yang bebas korupsi dan gratifikasi dengan mengedepankan tranparansi dan akuntabilitas serta membentuk karakter ASN yang berkualitas, memiliki etos kerja yang tinggi, disiplin dan mampu melayani dengan ramah dan cepat. (tribunbatam.id/Alamudin)
Penulis: Alamudin Hamapu
Editor: Dewi Haryati
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved