Breaking News:

ASET BP BATAM

IPAL Ditargetkan Beroperasi 2021, BP Batam Harapkan Dukungan Masyarakat

Pembangunan IPAL oleh BP Batam melibatkan upaya penggalian dan pemasangan pipa di rumah-rumah warga kawasan Batam Center.

Editor: Tri Indaryani
TribunBatam.id/Istimewa/Dokumentasi BP Batam
Tampak atas kondisi pengerjaan bangunan IPAL BP Batam, di kawasan Bengkong Sadai. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) oleh Badan Pengusahaan (BP) Batam melibatkan upaya penggalian dan pemasangan pipa di rumah-rumah warga kawasan Batam Center.

Meski belum rampung, hingga saat ini pengerjaan jaringan perpipaan tersebut masih tengah dikerjakan. Saat ini, telah sambungan pipa yang telah terpasang sepanjang 104km, dari target 114,3km pipa.

Pipa tersebut tersambung ke 11 ribu sambungan rumah.

Menurut Manajer Pengolahan Air Limbah, Iyus Rusmana, pemasangan pipa sekunder yang tersambung ke rumah-rumah tidak membutuhkan penggalian yang terlalu dalam.

Pipa sekunder tersebut akan tersambung pada pipa utama yang dapat mengalirkan air limbah rumah tangga menuju stasiun-stasiun pompa. Dari stasiun pompa lah, air limbah disalurkan menuju bangunan IPAL.

"Proses pengerjaan sudah mencapai 90 persen," ujar Iyus.

Selama pengerjaan sambungan pipa, BP Batam terus melakukan pendekatan di tengah masyarakat. Upaya pendekatan ini dalam rangka menyosialisasikan proses pengerjaan IPAL kepada warga di berbagai perumahan kawasan Batam Center, seperti Perumahan Raflesia, Palm Regency, Anggrek Sari, dan lain-lain.

"Kalau target ini selesai Desember 2020, mungkin 2021 sudah mulai beroperasi," tambah Iyus.

Badan Usaha Fasilitas dan Lingkungan (BU Fasling) BP Batam terus menggesa pembangunan dan penyelesaian IPAL tersebut agar dapat beroperasi sesuai target yang ditetapkan. Setiap minggunya, menurut Iyus, pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Tambahnya, dukungan dan kontribusi masyarakat sangat diperlukan dalam pembangunan jaringan perpipaan IPAL BP Batam tersebut. Pasalnya, hasil yang diperoleh dari kegiatan operasional IPAL juga nantinya akan kembali kepada masyarakat. (adv)

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved