Breaking News:

Aset BP Batam

Air Bersih dari IPAL akan Dialirkan ke Dam Duriangkang

Kemajuan pengerjaan instalasi pengolahan air limbah (IPAL) yang diinisiasi oleh BP Batam telah mencapai lebih dari 90 persen

ist
Proses pengerjaan instalasi pengolahan air limbah (IPAL) di daerah Bengkong Sadai. 

TRIBUNBATAM.id - Kemajuan pengerjaan instalasi pengolahan air limbah (IPAL) yang diinisiasi oleh Badan Pengusahaan (BP) Batam telah mencapai lebih dari 90 persen di bulan November 2020.

IPAL BP Batam ini menggunakan teknologi penguraian air limbah menggunakan bakteri, atau yang dinamakan food chain reactor (FCR). 

Apabila proses pengerjaan telah rampung, IPAL BP Batam dapat mengolah air limbah rumah tangga dengan kapasitas 230 liter per detik. Selain itu, terdapat pula pupuk kompos yang dapat dihasilkan 18 m² per harinya.

"Hasilnya lumayan, kita bisa mendapatkan air bersih dan pupuk kompos dari IPAL ini. Bisa dilihat, tanaman-tanaman di sekitar IPAL kan bisa tumbuh subur," ujar Manajer Pengolahan Air Limbah, Badan Usaha Fasilitas dan Lingkungan, BP Batam, Iyus Rusmana.

Pada mulanya, sesuai DED (Detail Engineering Design) yang dibuat tahun 2015, air bersih hasil pengolahan akan dibuang ke laut dalam kondisi telah ternetralisir. Namun, kini BP Batam telah mengupayakan agar air tersebut dapat dikembalikan untuk pemanfaatan rumah tangga dan industri.

"Hasil dari treatment IPAL ini akan dialirkan ke dam Duriangkang," ujar Iyus.

Pengaliran air bersih dari IPAL menuju dam Duriangkang menggunakan pipa sepanjang kurang lebih 10km. Selain itu, BP Batam juga tengah menggali potensi pengolahan air dari drainase menjadi air siap pakai.

Air yang diperoleh dari drainase ini dapat diolah dalam tahap pre-treatment terlebih dahulu, sebelum kemudian digabungkan ke dalam pengolahan air limbah dalam IPAL. 

"BP Batam selalu mencari berbagai alternatif sumber air baku lain selain waduk, guna menjaga pemenuhan kebutuhan air bagi masyarakat Kota Batam," tambah Iyus. (hsu)

Editor: Rio Batubara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved