Breaking News:

PILKADA BATAM

Debat Calon Wali Kota Batam, Jawaban Lukita-Basyid Soal Strategi Peningkatan Inovasi di Hinterland

Saat debat calon wali kota Batam, Lukita-Basyid bilang, inovasi pembangunan sistem pelayanan berbasis IT di hinterland harus dimulai dari level bawah

Penulis: Ichwan Nur Fadillah | Editor: Dewi Haryati
TRIBUNBATAM.ID/ARGIANTO
DEBAT PILKADA BATAM - Pasangan Calon Wali Kota Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo-Abdul Basyid dan Muhammad Rudi-Amsakar Achmad saling bersalaman setelah berakhirnya debat Calon Wali Kota Batam di Harris Hotel Batam Centre, Rabu (25/11/2020). Di antara sesi debat, Lukita-Basyid mendapat pertanyaan soal strategi peningkatan inovasi di hinterland 

Editor: Dewi Haryati

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Selain mendapat amplop kode A, pasangan calon (paslon) Lukita-Basyid juga mendapat ampop kode B pada segmen kedua debat calon Wali Kota Batam, Rabu (25/11/2020).

Pada amplop ini, Lukita-Basyid mendapat pertanyaan terkait strategi mereka dalam meningkatkan inovasi terkait pelayanan berbasis Informasi Teknologi (IT) di daerah hinterland.

Lukita Dinarsyah Tuwo menjawab pertanyaan itu dengan nada bersemangat.

"Kita tahu, di daerah hinterland masih banyak masyarakat tertinggal dari segi listrik dan segi komunikasi. Paling pertama yang kami lakukan, tentu membangun fasilitas listrik dan internet," tegasnya.

Selain itu, ia juga menyinggung jika pembangunan sistem pelayanan berbasis IT harus dimulai dari level terbawah, yakni RT dan RW hingga ke level atas.

Baca juga: Debat Calon Wali Kota Batam, Rudi-Amsakar Ajak Masyarakat Datang ke TPS & Jaga Protokol Kesehatan

Baca juga: Debat Calon Wali Kota Batam, Rudi-Amsakar Dapat Pertanyaan dari Lukita-Basyid, Ini Jawabannya

DEBAT CALON WALI KOTA BATAM - Suasana debat Calon Wali Kota Batam, mempertemukan Lukita Dinarsyah Tuwo dan Abdul Basyid dengan Muhammad Rudi dan Amsakar Achmad di Harris Hotel Batam Centre, Rabu (25/11/2020)
DEBAT CALON WALI KOTA BATAM - Suasana debat Calon Wali Kota Batam, mempertemukan Lukita Dinarsyah Tuwo dan Abdul Basyid dengan Muhammad Rudi dan Amsakar Achmad di Harris Hotel Batam Centre, Rabu (25/11/2020) (TRIBUNBATAM.ID/ARGIANTO)

"Semuanya harus terintegrasi dengan pusat Batam. Ini perlu waktu, secara bertahap. Tinggal kita menyiapkan sistemnya.

SOP ke depan harus baik agar ini terlaksana secara baik pula. Yang terpenting, sarana dan prasarana dulu yang harus disiapkan," katanya lagi.

Selain itu, pelayanan berbasis IT di daerah hinterland menurutnya harus ditunjang dengan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas.

Hal ini bertujuan agar mampu melayani sistem yang akan dibangun nantinya.

"Solusi kelima, kita harus mengedukasi masyarakat. Mereka harus tahu ada pelayanan berbasis IT. Ini sangat penting karena penetapan standar harus jelas," tambah dia.

Lukita sempat menyinggung pelayanan KTP di Batam. Menurutnya, pelayanan berbasis IT nantinya juga harus menyentuh sektor pelayanan KTP.

Jawaban Lukita-Basyid Ditanya Strategi Pemulihan Sektor Pariwisata

Pasangan calon (paslon) Lukita Dinarsyah Tuwo dan Abdul Basyid Has mengambil amplop kode A dalam segmen kedua debat Calon Wali Kota Batam, Rabu (25/11/2020) di Harris Hotel Batam Centre.

Dari amplop itu, panelis memberikan pertanyaan kepada paslon di Pilkada Batam ini terkait strategi pemulihan sektor pariwisata akibat pandemi Covid-19. Kegiatan ini juga disiarkan langsung Batam Tv.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved