Breaking News:

PILKADA KEPRI

BERITA KEPRI - Bawaslu Tanjungpinang Kawal Pleno Rekapitulasi Pilkada Kepri Tingkat Kota

Pada Pilkada Kepri, Bawaslu Tanjungpinang juga mengawasi pergeseran kotak suara yang berisi dokumen hasil rekapitulasi 4 kecamatan dari gudang KPU.

TribunBatam.id/Istimewa
BAWASLU TANJUNGPINANG - Bawaslu Tanjungpinang saat rakor mengawasi pleno rekapitulasi Pilkada Kepri tingkat Kota Tanjungpinang. 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu Tanjungpinang
ikut mengawal pleno rekapitulasi Pilkada Kepri tingkat kota.

Pengawasan Bawaslu Tanjungpinang, bahkan sampai mengawasi pergeseran kotak suara yang berisi dokumen hasil rekapitulasi 4 kecamatan dari gudang logistik KPU di jalan Handjoyo Putro menuju lokasi pleno KPU di hotel CK, pada pukul 08.30 Wib pagi ini.

Persiapan pengawasan di Pilgub Kepri itu juga mereka buat dalam bentuk rapat koordinasi (rakor) bersama Panwascam se-Kota Tanjungpinang.

Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang, Muhamad Zaini, menjelaskan, dalam rakor kemarin, bertujuan untuk mendapatkan laporan langsung hasil pengawasan dan permasalahan rekapitulasi suara ditingkat PPK, yang telah diawasi oleh Panwascam.

Sehingga akan ditindaklanjuti pada rekapitulasi ditingkat KPU, bila ada saran perbaikan, rekomendasi atau permalahan yang belum diselesaikan.

Dalam Pilkada Serentak di Kepri, terdapat tiga pasangan calon atau paslon. Mereka di antaranya paslon Ansar Ahmad dan Marlin Agustina, Isdianto dan Suryani, serta paslon Soerya Respationo dan Iman Sutiawan.

"Sehingga proses dan hasil rekapitulasi suara ditingkat KPU sudah dapat clear and clean serta menghasilkan rekapitulasi suara yang valid," ucapnya, Rabu (16/12/2020).

Ia menyampaikan, fokus pengawasan Bawaslu pada rekapitulasi KPU, guna memastikan prosedur dan mekanisme pleno rekapitulasi tingkat KPU sesuai Peraturan Perundangan, dengan merujuk PKPU 19 Tahun 2020.

Secara substansi, mengawasi rekapitulasi suara sesuai dengan hasil perolehan suara dari PPK, mengantisipasi agar tidak terjadi kekeliruan atau kesalahan dalam menginput data, serta memberikan saran perbaikan atau rekomendasi jika terdapat kesalahan.

"Maka perlu para saksi paslon dan pihak terkait, mengawal proses rekapitulasi suara besok secara intensif dan kondusif agar sesuai ketentuan.

Baca juga: DIDUGA Lakukan Pelanggaran Pidana, Bawaslu Batam Periksa 5 Komisioner KPU 

Baca juga: Dugaan Pelanggaran Pemilu, Lima Komisioner KPU Batam Diperiksa Bawaslu Selama 7 Jam

kegiatan Bawaslu saat membuka diskusi melakukukan pantauan pemilu
kegiatan Bawaslu saat membuka diskusi melakukukan pantauan pemilu (TRIBUNBATAM/WAHIB WAFA)
Halaman
12
Penulis: Endra Kaputra
Editor: Septyan Mulia Rohman
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved