Breaking News:

BATAM TERKINI

Seorang Tersangka Pembawa Sabu dari Malaysia ke Batam Ternyata Berstatus Warga Negara Asing 

Satu dari 2 tersangka pembawa narkoba jenis sabu dari Malaysia ke Batam ternyata berstatus warna negara asing (WNA). Begini kronologi kejahatan mereka

TRIBUNBATAM.id/Muhammad Ilham
Kapolresta Barelang Polda Kepri- AKBP Yos Guntur Yudi Fairus Susanto ditemani Kasat Narkoba Barelang Jhon Hery Rakuta Sitepu dan Kasubbag Humas Betty, memperlihatkan BB tindak pidana jenis sabu di Depan Kantor Sat Narkoba Polresta Barelang Polda Kepri, Rabu (16/12/2020) 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Satres Narkoba Polresta Barelang berhasil mengamakan 2 pelaku penyelundupan narkoba jenis sabu yang dibawa masuk ke wilayah Batam.

"Pada hari Jumat 11 Desember 2020, sekira pukul 23.16 WIB, di Pantai Tanjung Buntung Kecamatan Bengkong Kota Batam, Satres Narkoba telah mengamankan satu orang tersangka tindak pidana jenis sabu," kata Kapolrasta Barelang, Yos Guntur Yudi Fairus Susanto kepada awak media, Rabu (16/12/2020).

Tersangka pertama ini merupakan, warga Batu Aji yang beralamat di Kos-kosan Genta 2 Batu Aji Kota Batam.

Tersangka berinisial DA (24), kelahiran Lahang Baru Januari 1996, merupakan warga negara Indonesia (WNI)

"Bahwa tersangka DA, menerima narkotika jenis sabu, dari Malaysia, kemudian diterima di Pantai Tanjung Buntung Kecamatan Bengkong Kota Batam," ujar Yos.

Adapun barang bukti yang berhasil diamankan dari tersangka DA adalah 2 bungkus sabu seberat 2000 gram yang dibungkus plastik kemasan merk Huan Yin Quang, tas warna hitam bermerk Relfin Relisius, tas sandang abu-abu merk Adidas, 1 unit HP dan 1 unit sepeda motor.

Baca juga: Pelaku Penyelundup 2.000 Gram Sabu Dibekuk Polisi di Batam 

Selain itu, kasus tindak pidana jenis sabu juga kembali diamankan Satres Narkoba Polresta Barelang.

"Pada hari Sabtu 12 Desember 2020, sekira pukul 08.00 WIB, satu orang tersangka tindak pidana jenis sabu dengan inisial YZ (34)  diamankan di perairan sekitar Pulau Putri laut Nongsa," kata Yos, Rabu (16/12/2020)

Tersangka kedua dengan inisal YZ itu merupakan Warga Negara Asing (WNA) yang berasal dari negara tetangga (Malaysia).

Tersangka YZ menggunakan speed boat fiber untuk menyalurkan, mengedarkan dan membawa narkotika jenis sabu dari Malaysia untuk diedarkan di Kota Batam.

Barang bukti yang berhasil diamankankan Satres Narkoba adalah 1 buah jerigen, di dalamnya terdapat satu buah kantong kertas merk club 21, yang berisikan 5 bungkus sabu dengan bungkus merk "Huan Yin Quang kemudian 2 bungkus sabu dengan plastik kemasan  merk "Jus liang" kemudian uang sejumlah 343 Ringgit, 1 unit speed boat  fiber, 1 unit hp milik tersangka.

Yos mengatakan, kini 2 orang tersangka DA dan YZ terjerat pasal yang disangkakan, pasal 112 ayat (2) junto pasal 114 ayat (2) Undang-undang nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika, dengan ancaman hukuman pidana mati, pidana penjara seumur hidup, atau pidana penjara paling singkat 5 tahun atau paling banyak 20 tahun.

"Tindakan sudah dilakukan jelas kita sudah amankan tersangka berikut BB dan akan segera ditegas dan akan segera dikirim ke Kejaksaan Penuntut Umum," katanya. (Tribunbatam.di/Muhammad Ilham)

Penulis: Muhammad ilham
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved