Breaking News:

HUMAN INTEREST

KISAH Suami Istri di Tanjungpinang Rayakan Natal saat Pandemi, Kena PHK hingga Harus Jualan Kompos

Yunita, ibu muda dari dua anak ini punya cerita tersendiri saat merayakan Natal tahun 2020 bersama keluarga kecilnya.

TRIBUNBATAM.id/MOMENTUM JALINAN SIMANJUNTAK
Yunita, ibu muda dari dua anak ini punya cerita tersendiri saat merayakan Natal tahun 2020 bersama keluarga kecilnya. 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Yunita, ibu muda dari dua anak ini punya cerita tersendiri saat merayakan Natal tahun 2020 bersama keluarga kecilnya.

Suaminya Safetius kini tak lagi bekerja sebagai pengurus sapi di kandang Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan (DP3) Kota Tanjungpinang seperti sebelumnya.

Selain itu pandemi Covid-19 pun menambah berat beban hidup yang mesti dijalaninya, hal itu memaksa dirinya dan suami untuk berfikir keras mencari uang untuk memenuhi kebutuhan hidup bersama dua anak lelakinya yang masih balita.

"Sekarang cari uang susah, suami pun sudah tidak lagi bekerja kayak dulu. Biasa tiap bulan ada yang diterima walaupun sedikit. Sekarang kami coba beralih jual tanaman hias dan pupuk kompos kotoran sapi yang diolah sendiri," ungkapnya.

Wanita yang pernah bekerja di pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang ini mengutarakan, selain menjual tanaman hias dan pupuk kompos kotoran sapi, suaminya juga bekerja secara serabutan mulai dari membersihkan lahan kebun orang sampai bangunan.

"Penghasilan dari jualan kan nggak menentu, kalau hanya itu yang diandalkan tentu tidak cukup. Jadi suami mencari kerja tambahan, pernah juga baru-baru ini bersihkan lahan kebun orang di daerah sini dan ngecat rumah salah seorang jemaat gereja yang mau Natal dan tahun baruan. Lumayan lah bang nambah-nambah beli daging buat Natal dan tahun baruan di rumah," katanya.

Yunita beserta keluarga kecilnya pun mengaku belum memiliki tempat tinggal permanen, kini mereka tinggal di lahan kosong garapan yang sewaktu-waktu dapat digusur oleh si pemilik lahan.

"Ini tanah garapan bang, bulan Januari tahun depan kita masuk 2 tahun. Di sinilah kami bermukim dulu entah sampai kapan, mungkin sampai pemilik lahan datang. Beli tanah mahal apalagi ambil rumah KPR kita belum mampu bang," terangnya.

Baca juga: KISAH Briptu Veranika Sumantri, Polwan yang Ajak Bayinya Amankan Natal di Tanjungpinang

Meski begitu yunita tidak menyesalkan kondisi perayaan Natal yang dialaminya bersama keluarga tahun ini

Justru Ia mengaku bersyukur dapat merayakan Natal tahun ini dengan sederhana bersama keluarga kecilnya.

"Konsep perayaan Natal kita sederhana, yang paling terpenting adalah pesan dan makna Natal, di mana Sang Juru Selamat lahir ke dunia membawa keselamatan. Bagi kita orang kristen pohon Natal adalah simbol kehidupan rohani agar terus bertumbuh," jelasnya

Pantauan TRIBUNBATAM.id saat menyambangi kediamannya di Jalan Senggarang, Gang Nusantara 3, pada Minggu, (25/12/2020) sore.

Tampak dua anaknya sedang bermain di halaman rumah petak yang dilapisi dinding Fiber.

Di sisi muka pintu sebelah kiri, tertata tanaman hias yang sedang dibibitkan beserta karung pupuk kompos kotoran sapi yang siap untuk dijual.

Tidak tampak kesan Natal yang berlebih, hanya ada lampu hias kelap-kelip di tiang atap teras rumah dan di dalam rumah hanya ada ornamen pohon Natal dinding kecil dengan pernak-pernik seadanya.

"Beginilah kondisi kita, untuk Natal tahun ini kita hanya dapat upayakan kado Natal sederhana dengan membeli pakaian anak-anak saja. Kalau kita orang tua tahan dulu lah (sambil tertunduk lesu-red). Sampai saat ini juga kita belum buat kue tahun baru, apa-apa juga belum ada, belum tahulah nanti darimana," ucapnya.

Yunita hanya berharap dapat melewati perayaan Natal tahun 2020 ini dengan penuh khidmat dan sukacita walau hanya tampak sederhana

Ia mengaku kesehatan dan umur panjang menjadi hal utama baginya untuk melewati akhir tahun.

"Damai sukacita Natal semoga menumbuhkan iman akan harapan yang lebih baik yang kita dapatkan di tahun yang akan datang, Selamat Natal dan selamat menyambut Tahun baru 2021 bagi yang merayakan," katanya. (Tribunbatam.id/Noven Simanjuntak)

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved