Breaking News:

BATAM TERKINI

DERETAN Pencapaian Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam Sepanjang 2020

Sepanjang 2020 ini, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam mencatat kinerja yang cemerlang. Simak deretan pencapaiannya selama tahun ini.

TRIBUNBATAM.id/Ronnye Lodo Laleng
Suasana di Kantor Imigrasi Batam. Sepanjang 2020 ini, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam mencatat kinerja yang cemerlang. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Sepanjang 2020 ini, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam mencatat kinerja yang cemerlang.

Berdasarkan hasil monitoring realisasi anggaran belanja pegawai tahun anggaran 2020, realisasi anggaran untuk Kantor Imigrasi Batam sebesar Rp 27.420.179.750  yaitu 99.73% berdasarkan alokasi anggaran sesuai Maksimum Pencairan (MP), dengan Indikator Pelaksanaan Anggaran (IKPA) Tahun Anggaran 2020 adalah 96.40 persen.

"Kinerja tersebut tidak hanya terlihat dari penyerapan anggaran saja, tetapi terlihat dari catatan yang baik dari indikator-indikator lainnya," ujar Ismoyo, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam, Kamis, (31/12/2020).

Sementara itu dari segi pelayanan,  Kantor Imigrasi Batam melakukan  pelayanan kepada WNI dan WNA dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19

Seperti pengecekan  suhu tubuh, menyediakan  tempat mencuci tangan  dan hand sanitizer, serta tempat duduk yang telah diatur sesuai dengan jarak aman yang telah direkomendasikan oleh instansi terkait. 

Ismoyo mengatakan, untuk pelayanan WNI, telah dilakukan penerbitan 11.735 paspor baru dan 18.832 paspor pengganti, pelayanan pendaftaran anak berkewarganegaraan ganda sebanyak 36 permohonan serta pelayanan fasilitas Keimigrasian Affidavit sebanyak 20 permohonan.

Baca juga: HANYA Dikasih Waktu Buka Lapak 3 Hari, Penjual Kembang Api di Batam Terpaksa Jualan 24 Jam 

Juga pelayanan untuk WNA telah dilakukan pemberian Izin Tinggal Kunjungan (ITK) baru sebanyak 134 dan  perpanjangan ITK  sebanyak 2.052 permohonan, pemberian Izin Tinggal Terbatas (ITAS) baru sebanyak 818 dan perpanjangan ITAS sebanyak 2.761 permohonan, pelayanan alih status ITK ke ITAP sebanyak 1 permohonan. 

Selain itu telah dilakukan pelayanan alih status dari ITAS ke Izin Tinggal Tetap (ITAP) sebanyak 47 permohonan dan perpanjangan ITAP sebanyak 17  permohonan. 

Tidak hanya itu, Ismoyo juga membeberkan, Imigrasi Batam dalam kurun waktu 1 tahun sejak Januari sampai Desember 2020 telah melakukan pelayanan pengembalian dokumen Keimigrasian yaitu Exit Permit Only (EPO) sebanyak 630 permohonan dan Multiple Re-Entry Permit (MERP) Tidak Kembali sebanyak 1.181 permohonan

Juga telah diberikan 2 dokumen Surat Keterangan Keimigrasian (SKIM) yang merupakan surat keterangan yang memuat mengenai masa tinggal WNA di wilayah Repubik Indonesia yang nantinya merupakan salah satu syarat untuk permohonan menjadi WNI.

Tidak hanya dalam segi pelayanan saja, dari segi penegakan hukum Kantor Imigrasi Batam mencatatkan kinerja yang baik, yaitu dengan pemberian sanksi Tindakan Administrasi Keimigrasian (TAK), terdapat total 42 pendetensian (penahanan) WNA, dan melakukan deportasi (pemulangan) kepada total 41 WNA. 

Selain TAK, Imigrasi Batam juga melakukan proses hukum projustitia kepada 1 Warga Negara Singapura yang masuk di wilayah Indonesia dan tidak memiliki dokumen perjalanan dan visa yang sah dan masih berlaku, yang mana telah melanggar Undang-Undang Republik Indonesia nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian serta penangguhan pemberian paspor Republik Indonesia sebanyak 138 kasus.

"Sepanjang tahun 2020 tercatat di Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) yang ada di dalam wilayah kerja Kantor Imigrasi Batam , sebanyak 324.458 orang WNI dan 255.528 WNA datang ke Indonesia melalui Batam, serta 283.134 orang WNI dan 267.390 WNA orang berangkat meninggalkan Indonesia melalui Batam," imbuhnya.

"Tercatat lalu lintas kapal kargo sebanyak 7291 trip masuk ke wilayah Indonesia melalui Batam dan 7289 trip keluar wilayah Indonesia melalui Batam, serta 143 trip pesawat kargo masuk wilayah Indonesia melalui Batam dan 163 trip pesawat kargo keluar wilayah Indonesia melalui Batam," kata Ismoyo. (TRIBUNBATAM.id/ Ronnye Lodo Laleng)

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved