Breaking News:

CUACA KEPRI HARI INI

Cuaca Kepri Hari Ini, BMKG Minta 5 Daerah Ini Waspada, Hujan Lebat Disertai Angin Kencang & Petir

BMKG meminta lima daerah di Kepri ini waspada. Akan ada huja lebat sepanjang hari yang sesekali disertai petir & angin kencang. Daerah mana saja itu?

Penulis: Endra Kaputra | Editor: Septyan Mulia Rohman
TribunBatam.id/Istimewa
Cuaca Kepri Hari Ini, BMKG Minta 5 Daerah Ini Waspada, Hujan Lebat Disertai Angin Kencang & Petir. Foto Hujan lebat menyebabkan beberapa lokasi tergenang air hingga menyebabkan banjir di Anambas, Minggu (20/12/2020). 

KEPRI, TRIBUNBATAM.id - Cuaca Kepri Hari Ini, BMKG Minta 5 Daerah Ini Waspada, Hujan Lebat Disertai Angin Kencang & Petir.

Lima kabupaten dan kota di Provinsi Kepri diprediksi akan diguyur hujan hari ini, Minggu (3/1/2020).

Selain Batam, BMKG memprakirakan Tanjungpinang, Bintan, Karimun dan Lingga akan diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat sepanjang hari.

Kondisi ini sesekali diprediksi disertai petir dan angin kencang.

BMKG pun masih mengeluarkan peringatan waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat sepanjang hari yang dapat disertai petir dan angin kencang di lima wilayah ini.

Seperti diketahui, hujan lebat disertai angin kencang membuat sejujmlah daerah di Batam, Tanjungpinang serta Lingga terkena musibah.

Selain banjir dan tanah longsor, rumah warga di pesisir rusak akibat terseret arus laut yang kuat.

Dalam prakiraan cuaca yang disampaikan BMKG Batam, bahwa sejumlah daerah hari ini, Minggu (03/01/2021) akan kembali diguyur hujan.

"Kami mengimbau warga untuk waspada," ucap Kepala BMKG melalui forecaster yang bertugas, Fauzan Lathif, Minggu (3/1/2021).

BMKG memprakirakan kondisi cuaca di Natuna dan Anambas berawan hingga hujan ringan.

Cuaca di dua kabupaten itu, diprediksi disertai angin kencang yang terjadi secara temporal dan fluktuatif pada pagi hingga sore hari.

Dari data potensi gelombang tinggi yang diterima TribunBatam.id, Perairan Batam dan Karimun mencapai 1 meter, Perairan Pinang/Bintan 2,5 meter, Perairan Lingga 2 meter.

Baca juga: Peringatan Dini BMKG, Hujan Lebat, Petir dan Angin Kencang di Kepri, Minggu 3 Januari 2021

Baca juga: Hujan Lebat di Tanjungpinang, Warga Pilih Mengungsi ke Masjid, Rumah Kena Banjir

Cuaca Ekstrem, Jalan di Marina Tergenang Air, Lurah Tanjung Riau: Waspada Air Laut Pasang. Foto jalan menuju perumahan di Marina terendam banjir, Sabtu (2/1).
Cuaca Ekstrem, Jalan di Marina Tergenang Air, Lurah Tanjung Riau: Waspada Air Laut Pasang. Foto jalan menuju perumahan di Marina terendam banjir, Sabtu (2/1). (TribunBatam.id/Ian Sitanggang)

Sedangkan perairan Anambas mencapai 5 meter, dan Natuna lebih tinggi mencapai 6 meter.

Kondisi cuaca ini terjadi disebabkan pusaran angin lapisan atas (siklonik) yang terletak di sebelah barat Kalimantan Barat menyebabkan belokan (shear) curam di wilayah Bintan, Batam, Tanjung Pinang, Karimun, dan Lingga.

Kondisi kelembapan udara lapisan atas juga sangat basah, sehingga memungkinkan awan hujan terbentuk secara masif dalam area yang luas.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved