Breaking News:

KEPRI TERKINI

Antisipasi Efek Samping Vaksinasi Corona, Kadinkes Kepri: Kita Siapkan Rumah Sakit Rujukan

Pemprov Kepri menyiapkan rumah sakit rujukan untuk mengantisipasi efek samping vaksinasi corona.Efek sampung mulai sakit kepala hingga alergi

Tribunbatam.id/Noven Simanjuntak
Antisipasi Efek Samping Vaksinasi Corona, Kadinkes Kepri: Kita Siapkan Rumah Sakit Rujukan. Foto Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau, M Bisri seusai disuntik Vaksin Covid-19 di RSUP RAT, Kamis (14/1/2021) 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Antisipasi efek samping vaksinasi corona, Kadinkes Kepri: kita siapkan rumah sakit rujukan.

Pemerintah Provinsi Kepri akan menyiapkan grup WhatsApp dan rumah sakit rujukan pascavaksinasi Covid-19 pertama digelar, Kamis (14/1/2021).

Hal ini dilakukan menyikapi kemungkinkan adanya keluhan atau efek samping yang dirasakan penerima vaksin Covid-19.

"Penyuntikan ini seperti imunisasi. Reaksinya itu akan terlihat setelah 30 menit pertama dan harus terus diawasi," kata Kepala Dinas Kesehatan Kepri, M Bisri, seusai disuntik Vaksin Covid-19 di lantai 4 RSUP, RAT Tanjungpinang.

Ia melanjutkan, jika mengalami keluhan pasca penyuntikan vaksin, pemerintah siap menanggung akomodasi dan pembiayaan kepada pasien yang terdampak.

Baca juga: Daftar 10 Pasien Terpapar Corona di Tanjungpinang, Semuanya Kontak Erat Pasien Covid

Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Brigjen Pol R C Gumay saat disuntik vaksin Corona, Kamis (14/1/2021).
Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Brigjen Pol R C Gumay saat disuntik vaksin Corona, Kamis (14/1/2021). (TRIBUNBATAM.ID/ENDRA KAPUTRA)

"Efek reaksinya mulai dari yang tergolong ringan atau pun sedang. Kalau demam hingga pusing itu wajar.

Yang sulit apabila terjadi alergi," ucap Bisri.

Bisri mengatakan, nanti akan ada grup aplikasi sosial media berupa WhatsApp yang dibuat untuk memudahkan proses pengawasan pasien yang telah disuntik vaksin Corona.

"Grup itu untuk memantau kondisi pasien serta memudahkan komunikasi antar sesama pasien dan petugas kesehatan," jelasnya.

Bisri menuturkan kembali, agar setiap pasien yang mengalami keluhan dari efek reaksi Vaksin Covid-19 agar segera melapor ke petugas kesehatan yang menangani.

Halaman
1234
Penulis: Novenri Halomoan Simanjuntak
Editor: Dewi Haryati
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved