Breaking News:

BATAM TERKINI

SYARAT Masuk Batam Wajib Rapidtest Antigen Atau PCR Sudah Berlaku? Ini Penjelasan KKP 

Gubernur Kepri Isdianto mengeluarkan aturan baru terkait syarat masuk wilayah Batam dari luar daerah yakni harus menyerahkan hasil rapidtest antigen

Tribunbatam.id/Muhammad Ilham
Suasana calon penumpang saat melakukan rapid test antigen di Ruang Keberangkatan Bandara Hang Nadim Batam, Selasa (22/12/2020). Kini orang yang akan masuk Batam juga wajib membawa hasil rapid test antigen dengan hasil negatif covid-19. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Saat ini, Gubernur Kepri Isdianto telah mengeluarkan aturan baru terkait syarat masuk wilayah Kepri termasuk Batam dari luar daerah yakni harus menyerahkan hasil rapidtest antigen atau PCR dengan hasil negatif covid-19.

Menindaklanjuti aturan baru itu, Kepala Bidang Pengendalian Karantina dan Surveilans Epidemiologi KKP Kelas I Batam, Romer Simanungkalit mengatakan untuk pelaksanaan surat edaran gubernur Kepri tidak hanya pihaknya yang melakukan pengawasan tetapi semua satgas Covid-19.

"Kami melakukan pemeriksaan di pintu keluar dan pintu masuk di wilayah pelabuhan dan bandara. Kita lakukan pemeriksaan baik kedatangan maupun keberangkatan cuma selama ini untuk kedatangan belum ada. Jadi kemaren hanya pemeriksaan E-HAC saja," katanya, Senin (18/1/2021).

Untuk pemeriksaan surat Rapidtest antigen dan PCR di area kedatangan, Romer menyebutkan bahwa meski sudah ada surat ada edaran dari Pemprov Kepri tapi hal itu terpulang kepada Satgas Covid-19 di daerah.

"Seharusnya kita periksa, tergantung kesepakatan dengan Satgas di pintu masuk baik di bandara atau pelabuhan," ujarnya.

Romer mengatakan untuk penerapan edaran gubernur itu juga pihaknya juga harus menghitung kemampuan serta SDM KKP kelas I Batam yang ada.

"Seharusnya kita periksa," katanya.

Baca juga: JADWAL 16 Kapal dari Pelabuhan Domestik Sekupang Batam, Senin 18 Januari

Emi salah satu penumpang pesawat Lion Air yang tiba dari di Bandara Hang Nadim Batam dari Pekanbaru mengatakan sebelum berangkat di Bandara Hang Nadim ia telah melakukan Rapidtest antigen.

"Dari Pekanbaru ke Batam harus menggunakan Rapidtest Antigen," katanya.

Saat tiba di bandara Hang Nadim Batam ia mengatakan sebelum keberangkatan petugas Bandara sultan Syarif Kasim II Pekanbaru sudah mengingatkan dirinya untuk mengisi E-HAC.

Halaman
1234
Penulis: Beres Lumbantobing
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved