Breaking News:

BATAM TERKINI

DAFTAR 10 Titik Jalan di Batam Terpasang ATSC, Pelanggar Lalu Lintas Bakal Ditegur Langsung 

Kadishub Batam, Rustam Efendi mengakui melalui ATCS ini, operator bisa menegur pelanggar lalu lintas yang melintas di 10 titik tersebut.

Penulis: Roma Uly Sianturi | Editor: Tri Indaryani
TRIBUNBATAM.ID/DIPA NUSANTARA
Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam, Rustam Efendi mengatakan, melalui ATCS ini, operator bisa menegur pelanggar lalu lintas yang melintas di 10 titik tersebut. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam menerapkan Voice Announcer Area Traffic Control System (ATCS) di 10 titik di jalan protokol dan simpang yang dinilai rawan kecelakaan.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam, Rustam Efendi mengakui melalui ATCS ini, operator bisa menegur pelanggar lalu lintas yang melintas di 10 titik tersebut.

"Sejauh ini yang paling banyak itu tidak menggunakan helm, dan melewati stop line," ujar Rustam, Jumat (22/1/2021).

Diakuinya ada 10 titik pemasangan ATCS yaitu Simpang Martabak Har, Ibnu Sina, Seraya Atas, Masjid Agung, Frengky, Kara, KDA, Kabil, Panbil, dan Simpang Basecamp.

"Paling ramai pelanggaran itu Panbil dan Simpang Basecamp. Operator paling banyak menegur pengendara yang melintas di sana,"ujarnya.

Ia mengatakan akan ada operator bertugas untuk memberikan peringatan terkait pelanggaran lalu lintas. Ia berharap ini bisa membuat pengendara sadar akan keselamatan berkendara dan menekan angka kecelakaan.

Melalui layar tersebut akan terlihat jelas wajah, jenis kendaraan, dan plat nomor kendaraan. Jadi mereka akan
langsung ditegur.

Baca juga: KECELAKAAN DI BATAM - Akibat Menerobos Lampu Merah, Mobil Angkot Tabrak Pengendara Motor

"Tentu mereka akan dapat efek jera dari teguran tersebut. Karena kalau tidak patuh lampunya akan tetap merah. Kami sangat berharap langkah ini bisa membuat pengendara patuh ke depannya," kata Rustam.

Selain itu, saat ini sudah ada 26 tempat dipasang CCTV dari 40 titik yang ada.

Untuk ATCS masih 10 titik, dan 2021 ini akan ditambah 3 titik baru.

"Dua dari APBD akan dipasang di Simpang Polsek Lubukbaja dan Masjid Sultan. Satu lagi bantuan dari provinsi akan dipasang di simpang Sei Harapan. Jadi ada 13 ATCS nantinya," ujar Ketua PGRI Kepri ini.

Pihaknya juga bekerjasama dengan Satlantas Polresta Barelang terkait pemasangan ATCS ini. Diharapkan semua dengan terekamnya aktivitas pengendara ini bisa membantu pihak kepolisian juga ke depannya.

"Tujuan kami menekan pelanggaran. Semoga mereka sadar, keselamatan dalam berkendara itu penting," katanya. (Tribunbatam.id/Roma Uly Sianturi)

Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved