Breaking News:

TRIBUN PODCAST

Ekonomi 2021 saat Pandemi Covid-19, Batam Bisa Apa?

Kota Batam sama seperti daerah lainnya di Indonesia terkenda dampak pandemi Covid-19. Bagaimana pertumbuhan ekonomi Batam di 2021?

Trbun Batam/Argianto DA Nugroho
Ekonomi 2021 saat Pandemi Covid-19, Batam Bisa Apa? Foto Sejumlah pekerja keluar dari area PT Infineon yang berada di Kawasan Industri Batamindo, Mukakuning, Batam, Selasa (22/9). 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Kota Batam, seperti daerah-daerah lainnya di Indonesia, sempat mengalami pertumbuhan ekonomi yang minus di tahun 2020 akibat adanya pandemi Covid-19.

Namun, Kepala Biro Humas, Promosi dan Protokol BP Batam, Dendi Gustinandar menyatakan bahwa perekonomian daerah masih didukung angka ekspor di tahun 2020 yang secara kumulatif cenderung naik dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Adapun komoditas yang memberi sumbangsih besar dalam total ekspor adalah produk-produk manufakturing.

Kendati jumlah ekspor ke negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia terpantau turun, tetapi ekspor ke Amerika Serikat menurut Dendi Gustinandar justru naik 100 persen.

"Ekspor kita ke Dubai juga naik 30 sampai 40 persen.

Nah, hal ini menunjukkan, meski pun kita sempat diterpa resesi, tapi selalu ada peluang yang tumbuh," ujar Dendi dalam Tribun Podcast, Selasa (26/1/2021).

Kepala Biro Humas, Promosi dan Protokol BP Batam, Dendi Gustinandar
Kepala Biro Humas, Promosi dan Protokol BP Batam, Dendi Gustinandar (tribunbatam.id/Dewi Haryati)

Geliat aktivitas ekspor dan bongkar muat kargo di pelabuhan maupun bandara yang cukup meningkat menciptakan optimisme tersendiri dalam menilai pertumbuhan ekonomi Batam di 2021.

"Kepala Bank Indonesia dengan kajian mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi Batam akan meningkat di kisaran 4% hingga 5,5%, sektor-sektor produksi dan industri telah menunjukkan tren positif Quarter to Quarter," ungkap Dendi.

Dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi Batam, khususnya di tahun 2021, BP Batam telah berupaya menjalankan berbagai terobosan.
Salah satunya menggesa pembangunan infrastruktur.

Kondisi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, serta dampak ekonomi yang disebabkannya, menjadi momentum tersendiri bagi BP Batam untuk mempercepat pembangunan infrastruktur, seperti pengembangan destinasi wisata serta jalan penghubung daerah industrial.

"Kepala BP Batam bersama dengan Wali Kota Batam membuat suatu gebrakan diawali dengan pembangunan infrastruktur jalan, bandara, pelabuhan dan destinasi wisata.

Hal tersebut membuat tidak ada alasan untuk ragu. Kita yakin 2021 akan lebih baik," tegas Dendi Gustinandar.

Bagi Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Internasional Batam, Dr. Suyono Saputra, S.E., M.M, pembangunan infrastruktur dan perbaikan akses keluar masuk barang merupakan salah satu langkah tepat pemerintah dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi.

Khususnya untuk pelabuhan laut, Suyono mendorong pemerintah untuk melakukan upaya modernisasi, yakni melengkapi pelabuhan dengan fasilitas penunjang yang dapat mempermudah arus keluar masuk barang dan penumpang.

Halaman
12
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved