Breaking News:

BATAM TERKINI

Kapal Tanker Berbendera Iran dan Panama Berlabuh di Batam, Bakamla RI Langsung Lakukan Investigasi

Dua unit kapal motor tanker (MT) berbendera Iran dan Panama tangkapan Bakamla RI dilabuhkan di perairan Batu Ampar, Kota Batam.

TRIBUNBATAM.id/BERES LUMBANTOBING
Dua unit kapal motor tanker (MT) berbendera Iran dan Panama tangkapan Bakamla RI dilabuhkan di perairan Batu Ampar, Kota Batam, Kepri, Rabu (27/1/2021). 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Dua unit kapal motor tanker (MT) berbendera Iran dan Panama tangkapan Bakamla RI dilabuhkan di perairan Batu Ampar, Kota Batam, Kepri, Rabu (27/1/2021).

Kedua kapal super 'raksasa' bernama MT Horse berbendera Iran dan MT Frea berbendera Panama itu dikawal ketat aparat tim gabungan bersenjata lengkap.

Dijadwalkan pagi ini tim gabungan mulai melakukan investigasi mendalam terkait dugaan pelanggaran yang dilakukan.

Kabag Humas dan Protokol Kolonel Bakamla RI Wisnu Pramandita, Rabu (27/1/2021) pagi mengatakan kedua kapal tangkapan Bakamla RI itu sudah berada di perairan Batu Ampar.

"Informasi situasi dan perkembangan MT Horse dan MT Freya. kedua kapal telah dilegokan diperairan batu ampar batam pada dini dalam keadaan aman," ujarnya.

Saat ini, lanjut dia KN Pulau Marore dan KN Belut Laut mengawasi lego jangkar disekitar kapal tangkapan.

Selanjutnya saat ini tim investigasi gabungan sedang menyiapkan berbagai aspek teknis untuk pelaksanaan investigasi.

Investigasi, kata dia melibatkan Bakamla, Kemenlu, Kemenhub (hubla), Kemenkeu (DJBC), Kemenkumham (imigrasi), KLH, ESDM, TNI AL dan Polisi. 

Digiring Helikopter dan 2 KRI

Sebelumnya diberitakan, dua kapal super 'raksasa' berjenis motor tanker (MT) bernama MT Horse berbendera Iran dan MT Frea berbendera Panama dikawal ketat tim gabungan patroli TNI AL dan kapal Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI menuju perairan Batam

Ada dua kapal KRI, KN. Pulau Marore - 322 dan KN Belut Laut - 406 dan satu Helikopter TNI AL mengawal iringan sedang melalui Perairan Natuna dua kapal 'raksasa' itu menuju Batam guna melakukan pemeriksaan lebih lanjut. 

Hal ini terlihat dari pemantauan udara yang didokumentasikan dari Helikopter TNI AL yang sedang berpatroli di perairan Natuna, Selasa(26/01/2021) siang.

Kabag Humas dan Protokol Kolonel Bakamla RI Wisnu Pramandita melalui sambungan selulernya, Selasa (26/01/2021) mengatakan dua kapal tanker itu direncanakan akan disandarkan di Pelabuhan Batu Ampar, Batam.

"Sedang dikawal. Saat ini dalam perjalanan menuju Batam," ujarnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Batam
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved