Breaking News:

Ujian Nasional Diganti Asesmen Nasional, Apa Itu Asesmen Nasional? Ini Kata Kadisdik Kepri

Kadisdik Kepri M Dali bilang, asesmen nasional ini mulai dicetuskan pada 2019. Dasarnya tidak adanya lagi evaluasi capaian siswa secara individu

Penulis: Endra Kaputra | Editor: Dewi Haryati
TRIBUNBATAM.ID/ENDRA KAPUTRA
Ujian Nasional Diganti Asesmen Nasional, Apa Itu Asesmen Nasional? Ini Kata Kadisdik Kepri. Foto Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Muhammad Dali. 

TANJUNGPINANG, TRIBUNBATAM.id - Tahun ini Ujian Nasional (UN) diganti dengan asesmen nasional. Program ini merupakan konsep yang dicetuskan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim.

Hal ini bagian dari kebijakan belajar merdeka yang telah mendapat dukungan penuh dari Presiden Joko Widodo untuk membentuk perubahan paradigma dan proses evaluasi sistem pendidikan.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Muhammad Dali mengatakan, sampai saat ini belum ada perubahan terhadap kebijakan baru tersebut.

"Sampai saat ini belum ada perubahan, masih gunakan kebijakan baru. Ujian nasional gunakan asesmen nasional," ujarnya, Kamis (28/1/2021).

Dijelaskannya, kebijakan asesmen nasional ini memang sudah mulai dicetuskan di 2019 dengan dasar tidak adanya lagi evaluasi capaian siswa secara individu, melainkan evaluasi sistem pendidikan guna menghasilkan mutu pendidikan yang lebih baik.

Baca juga: Ujian Nasional Dihapus, Mendikbud Nadiem Makarim Berlakukan Asesmen Nasional Tahun 2021

Baca juga: Gubernur Kepri Setuju Sekolah Tatap Muka Tingkat SMA/SMK Dibuka, Ini Kata Kadisdik Kepri

"Selain itu, ini lahir dari persoalan yang didapatkan siswa dan guru saat melangsungkan proses pembelajaran secara daring di tengah situasi pandemi Covid-19 melanda," ujarnya.

"Nantinya yang diujikan pertama, peningkatan kognitif baik literasi dan numerasi. Kedua, survei karakter dan ketiga survei lingkungan belajar. Intinya adalah pengembangan pengetahuan melalui eksplorasi secara luas," ucapnya menambahkan.

(Tribunbatam.id/endrakaputra)

Baca juga berita Tribun Batam lainnya di Google

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved