Breaking News:

WISATA

Diyakini Tempat Suci, 4 Fakta yang Tersembunyi Tentang Sejarah Pulau Kusu Singapur

Negara yang bertetangga dengan Batam ini, mempunyai beberapa pulau yang menjadi objek wisata. Salah satunya adalah pulau Kusu atau Kusu Island

ist
Pulau Kusu, Singapur 

TRIBUNBATAM.id - Negara Singapur merupakan satu negara kecil yang terdiri dari kepulauan dan di setiap pulau memiliki keunikan tersendiri. Negara yang bertetangga dengan Batam ini, mempunyai beberapa pulau yang menjadi objek wisata. Salah satunya adalah pulau Kusu atau Kusu Island.

Sebelum jalan-jalan  ke sana, sebaiknya kenali sejarah Pulau Kusu. Berikut fakta-fakta sejarah pulau Kusu seperti dilansir wisatasingapura.web.id

Baca juga: Negara Kecil di Seberang Pulau Batam Nyaris Diserang Remaja 16 Tahun, Singapura Ambil Tindakan Cepat

1. Sejarah

Salah satu pulau yang dikenal masyarakat Singapore karena terdapat legenda kura-kura sihir adalah Kusu Island (Pulau Kusu).

Para wisatawan yang baru pertama kali datang ke Singapore mungkin masih belum tahu keberadaan Pulau Kusu, yang bertetangga dengan Batam.

Daratan yang memiliki nama lain Pulau Puncak atau Pulau Tembakul tersebut memiliki luas 85.000 meter persegi. Untuk meningkatkan perekonomian, pemerintah Singapore menjadikan Pulau Kusu sebagai destinasi wisata alam yang bisa diakses wisatawan lokal dan mancanegara.

Baca juga: Ketahui 6 Hal Sebelum Traveling ke Singapura Tahun 2021 Ini

2. Nama berasal dari seekor kura-kura

patung kura-kura di Pulau Kusu
patung kura-kura di Pulau Kusu (ist)

Legenda di Kusu Island menceritakan tentang seekor kura-kura yang dapat merubah dirinya menjadi sebuah pulau. Daratan yang semula berbentuk kura-kura itu digunakan oleh 2 nahkoda kapal dari Malaysia dan Tiongkok karena kapal mereka mengalami kecelakaan.

Nahkoda dari Malaysia memanjatkan puji syukur dengan membangun sebuah bangunan bertema Islami, sedangkan nahkoda dari Tiongkok mendirikan sebuah kuil.

Baca juga: DAFTAR Tempat Wisata Batam & Bintan Kandidat Titik Travel Bubble Indonesia-Singapura

Kini terdapat kelenteng yang dikenal dengan nama Da Bo Gong yang dibangun oleh seorang pengusaha kaya. Kelenteng tersebut digunakan untuk menyembah Da Bo Gong dan Kuan In.

Halaman
12
Editor: Filemon Halawa
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved