Breaking News:

Bea Cukai Batam Kolaborasi dengan BP2RD Kepri, Soal Pemanfaatan DBH Cukai Tembakau 2021

Kabid Bimbingan di Bea Cukai Batam Rizki Baidillah bilang, kunjungan pertama mereka ke BP2RD Kepri untuk menyinkronkan program yang akan dijalankan

tribunbatam.id/istimewa
Bea Cukai Batam Kolaborasi dengan BP2RD Kepri, Soal Pemanfaatan DBH Cukai Tembakau 2021. Foto kunjungan Bea Cukai Batam ke BP2RD Kepri terkait koordinasi Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau Tahun 2021 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Kementerian Keuangan telah membagikan dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBH CHT) kepada Pemerintah Daerah.

Di Batam, Bea Cukai Batam berupaya mengoptimalkan penggunaan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBH CHT) bersinergi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri.

Dalam hal ini Bea Cukai Batam berkoordinasi dengan Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Provinsi Kepri. Itu sebagai langkah awal penyelenggaraan kegiatan menggunakan DBH CHT.

“Kunjungan pertama ini untuk menyinkronkan program yang akan dijalankan antara Pemprov Kepri dan Bea Cukai Batam, sehingga penggunaan DBH CHT secara nyata dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ujar Kepala Bidang Bimbingan Kepatuhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Batam, Rizki Baidillah dalam rilis yang diterima Tribunbatam.id, Rabu (3/2/2021).

Sementara itu, BP2RD menyambut kedatangan Bea Cukai Batam secara terbuka dan memandang sama terkait DBH CHT tahun 2021.

BEA Cukai dan Polri Gagalkan Penyelundupan Narkoba Senilai Rp 12,4 Miliar di Nongsa Batam

Bea Cukai Karimun Bangga, Realisasi Penerimaan Negara Capai Rp 8,5 M, Klaim Lebihi Target

“Kolaborasi ini berlandaskan atas kebaikan bersama dan kepentingan bersama. Ke depan kita secara bersama akan menyusun rancangan program dan aksi bersama untuk menyatukan pandangan, sehingga DBH CHT yang didapat bisa menjadi lebih besar dan sesuai terhadap penerimaan yang diberikan,” jelas Kasubbid Penerimaan Retribusi Daerah dan Lain-lain, Fajar Fauzi.

Berdasarkan PMK 7/PMK.07/2020 tentang Penggunaan, Pemantauan, dan Evaluasi Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau, terdapat tiga bidang yang didanai dengan DBH CHT. Yaitu kesejahteraan masyarakat dengan alokasi dana 50 persen, penegakan hukum dengan alokasi dana 25 persen, kesehatan dengan alokasi dana 25 persen.

Konsentrasi Bea Cukai adalah di bidang penegakan hukum. Yakni dengan melakukan sosialisasi ketentuan di bidang cukai dan pemberantasan BKC illegal.

Dengan dukungan dari Pemerintah Daerah khususnya di Batam, Bea Cukai rencananya akan menggelar sosialisasi ketentuan di bidang cukai di beberapa wilayah di Batam, serta mengumpulkan informasi tentang peredaran rokok ilegal dan secara bersama-sama melaksanakan operasi pasar bersama dalam pemberantasan peredaran rokok ilegal..

(*/TRIBUNBATAM.id/Rebekha Ashari Diana Putri)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Penulis: Rebekha Ashari Diana Putri
Editor: Dewi Haryati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved