Breaking News:

BINTAN TERKINI

Pangkogabwilhan I Bakal Bangun Menara Suar, Karang Singa Diklaim Malaysia

Karang Singa yang berlokasi di utara Pulau Bintan, Kepri diketahui diklaim Malaysia. Hal ini menjadi atensi Pangkogabwilhan I.

TribunBatam.id/Alfandi Simamora
Pangkogabwilhan I Bakal Bangun Menara Suar, Karang Singa Diklaim Malaysia. Foto Pangkogabwilhan I Laksamana Madya TNI I Nyoman Gede Ariawan berjumpa Bupati Bintan, Apri Sujadi bahas wilayah perbatasan di Bintan, Selasa (2/2). 

BINTAN, TRIBUNBINTAN.com - Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I atau Pangkogabwilhan I Laksamana Madya TNI I Nyoman Gede Ariawan memastikan akan membangun menara suar di Karang Singa yang berlokasi di Pulau Bintan, Provinsi Kepri.

Karang Singa yang berada di utara Pulau Bintan memang perlu mendapat perhatian khusus setelah diklaim oleh Malaysia.

Karang Singa atau Carter Rif atau Carter Shoal adalah karang kecil yang terletak di teritori perairan Indonesia.

Posisinya berada di sebelah utara Pulau Bintan di Selat Singapura, berada tidak jauh dari ketinggian air surut yang disengketakan di South Ledge.

South Ledge sendiri diklaim oleh Singapura dan Malaysia.

Pangkogabwilhan I Laksamana Madya TNI I Nyoman Gede Ariawan berjumpa Bupati Bintan, Apri Sujadi bahas wilayah perbatasan di Bintan, Selasa (2/2).
Pangkogabwilhan I Laksamana Madya TNI I Nyoman Gede Ariawan berjumpa Bupati Bintan, Apri Sujadi bahas wilayah perbatasan di Bintan, Selasa (2/2). (TribunBatam.id/Alfandi Simamora)

Selanjutnya Karang Singa juga berdekatan dengan Pulau Batu Puteh dan Middle Rocks, yang ketiganya menjadi sengketa tiga negara yaitu sengketa Pedra Branca.

Singapura dan Malaysia telah ikut dalam sengketa Pedra Branca tersebut.

Malaysia dan Singapura telah membawa urusan kepemilikan Pedra Branca ke Mahkamah Internasional (ICJ) 2008 lalu, dan diputuskan jika Pulau Batu Puteh menjadi milik Singapura, sedangkan Malaysia bisa memiliki Middle Rocks.

Namun untuk South Ledge menjadi milik negara yang memiliki kedaulatan atas perairan teritorial tempatnya berada.

South Ledge adalah daratan dataran rendah pasang surut, bisa benar-benar terendam pada saat air pasang.

Halaman
123
Penulis: Alfandi Simamora
Editor: Septyan Mulia Rohman
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved