Breaking News:

PENANGANAN COVID

Aturan Baru, Ibu Menyusui, Komorbid hingga Penyintas Covid-19 Bisa Divaksinasi Corona

Kemenkes RI mengubah aturan syarat penerima vaksin covid-19 menjadi lebih luas. Kini ibu menyusui, komorbid hingga penyintas covid-19 bisa divaksinasi

Penulis: Hening Sekar Utami | Editor: Dewi Haryati
illustrator_scmp
Aturan Baru, Ibu Menyusui, Komorbid hingga Penyintas Covid-19 Bisa Divaksinasi Corona. ILUSTRASI Vaksin Corona 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Aturan Baru, Ibu Menyusui, Komorbid hingga Penyintas Covid-19 Bisa Divaksinasi Corona.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (RI) kini telah mengubah aturan syarat penerima vaksin Covid-19 menjadi lebih luas.

Atas kajian Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional, vaksin corona kini dapat diberikan bagi orang di dalam kelompok usia 60 ke atas, komorbid, penyintas Covid-19 atau ibu menyusui dengan aturan tertentu.

Pernyataan ini tercantum dalam surat edaran (SE) nomor HK.02.02/II/368/2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 pada Kelompok Sasaran Komorbid dan Penyintas Covid-19 serta Sasaran Tunda.

Berdasarkan aturan baru tersebut, kini pasien yang sempat mengalami penundaan pemberian vaksin akibat alasan tersebut di atas, dapat menerima vaksin corona setelah melalui anamnesa tambahan.

Baca juga: Corona di Bintan Serang Ponpes Lagi, Lima Positif Masih Satu Klaster, Rerata Bergejala

Baca juga: Vaksinasi Corona di Bintan Sentuh 1.105 Tenaga Kesehatan, 734 Terima Dosis Kedua

"Ya, para pasien yang semula batal divaksin pasti akan kami kaji ulang agar dapat memperoleh vaksin," ujar Kepala Dinas Kesehatan Batam, Didi Kusmarjadi, Senin (15/2/2021).

Meski tidak ada prosedur yang berubah, namun pelaksanaan pemberian vaksinasi yang tertunda harus mengikuti petunjuk teknis sebagai berikut:

Bagi kelompok lansia, pemberian vaksinasi untuk usia 60 tahun ke atas diberikan dua dosis dengan interval pemberian 28 hari (hari ke-0 sampai 28).

Sedangkan kelompok komorbid hipertensi, dapat memperoleh vaksin corona kecuali apabila tekanan darahnya di atas 180/110 mmHg. Dalam hal ini, pengukuran tekanan darah sebaiknya dilakukan sebelum meja screening.

Selanjutnya, pasien komorbid diabetes dapat divaksin sepanjang belum ada komplikasi akut, dan penyintas kanker dapat tetap diberi vaksin.

Selain itu, penyintas Covid-19 juga dapat divaksin apabila telah sembuh selama 3 bulan. Sedangkan ibu menyusui kini dapat diberikan vaksin tanpa syarat tertentu.

Para pasien yang tergolong dalam sasaran tunda ini dapat menunggu informasi terlebih dahulu, sebelum datang ke fasilitas pelayanan kesehatan untuk memperoleh vaksinasi.

(TRIBUNBATAM.id/Hening Sekar Utami)

baca berita terbaru di google news

Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved