Breaking News:

BATAM TERKINI

KECAMATAN Batam Kota Masih Zona Merah Covid-19, Kini Miliki 3 Kampung Tangguh

Batam Kota salah satu kecamatan yang masih berada di zona merah berdasarkan jumlah kasus covid-19 yang ada.

TRIBUNBATAM.id/SON
Batam Kota salah satu kecamatan yang masih berada di zona merah berdasarkan jumlah kasus covid-19 yang ada. Ilustrasi 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Meskipun saat ini, kasus Covid-19 kian menurun dari ke hari-hari, Batam Kota salah satu kecamatan yang masih berada di zona merah berdasarkan kondisi terkini Covid-19.

Camat Batamkota Aditya mengatakan padahal Tim Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan sudah melakukan edukasi dan penindakan disiplin protokol kesehatan sejak Covid-19 melanda.

"Kita bersama dengan TNI dan Polri maupun bersama gugus tugas kecamatan sudah dari tahun lalu waktu penetapan bencana nasional. Yang jelas kami terus mengedukasi, juga kadang lakukan operasi yustisi dengan tim yang ada, mungkin besok jalan lagi," ujar Adit, Senin (15/2/2021).

Penularan virus Corona belum berakhir di Batam. Tindak lanjut dari Instruksi Mentri Dalam Negeri (Inmendagri) nomor 3 tahun 2021 dibentuk posko di tingkat kelurahan hingga RT/RW di kecamatan. Kota Batam menggagas membuat kampung tangguh yang beberapa hari lalu diresmikan. 

"Adanya instruksi Mendagri, PPKM untuk beberapa provinsi. Kita, bersama TNI/Polri bekerjasama terutama yang digagas Pak Kapolres membentuk kampung tangguh," kata Aditya. 

Karena situasi tersebutlah, pihaknya membentuk tim. Untuk, mengedukasi masyarakat, keluarga, dan lingkungan untuk menerapkan protkes. 

Berdasarkan Inmendagri, untuk zona merah dalam satu RT, jika ada 10 rumah yang terpapar, maka akan diambil kebijakan menutup rumah ibadah dan menutup tempat umum.

Diakuinya Kecamatan Batam Kota sendiri sejauh ini sudah memiliki tiga kampung tangguh yang diresmikan. Di antaranya, Marbella, Taman Raya, dan KDA.

Melibatkan masyarakat, tokoh masyarakat, TNI dan Polri, dan tenaga kesehatan. Nantinya, tim ini bisa menimalisir penyebaran dari Covid-19 di lingkungannya sendiri.

Baca juga: 11 Jam Jualan Keripik Bawa 3 Anak, Simak Perjuangan Novi Hadapi Sulitnya Ekonomi saat Pandemi

"Tapi yang pasti masyarakat ditunjuk sebagai kampung tangguh mereka tahu fungsi mereka ditunjuk dan tugas mereka apa. Jadi mereka juga bisa meminimalisir penyebaran dari Covid-19 ini sendiri," ujarnya.

Halaman
123
Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved