Breaking News:

Apa Itu Kudeta? Sedang Terjadi di Myanmar, Apa Masalahnya dan Siapa Aung San Suu Kyi?

Kekuasaan di Myanmar saat ini diserahkan kepada panglima tertinggi Min Aung Hlaing.Seusai kudeta, ia mengeluarkan komentar publik pertamanya

Editor: Dewi Haryati
(STR via AP)
Pengunjuk rasa berlarian setelah polisi memberikan tembakan peringatan dan menggunakan meriam air untuk membubarkan demonstrasi di Mandalay, Myanmar, pada 9 Februari. Polisi bergerak setelah massa berdemonstrasi menentang kudeta militer Myanmar.(STR via AP) 

TRIBUNBATAM.id - Apa Itu Kudeta? Sedang Terjadi di Myanmar, Apa Masalahnya dan Siapa Aung San Suu Kyi?

Belakangan ini publik diramaikan dengan pemberitaan terkait Kudeta Myanmar.

Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya kita memahami apa itu kudeta.

Sudah tahukah kamu apa itu kudeta?

Melansir dari Kompas.com, berikut penjelasan singkat apa itu kudeta.

Baca juga: Warga Myanmar Mulai Berani, Gelar Demo Besar-besar Tolak Kudeta Militer: Bebaskan Aung San Suu Kyi!

Baca juga: Tokoh DEMOKRAT Sentil MOELDOKO: Jenderal Kudeta Mayor, Gagal Pula! Hanya Jual Nama

Melansir Encyclopaedia Britannica, kudeta adalah penggulingan pemerintahan yang ada secara tiba-tiba dan dengan kekerasan oleh sekelompok kecil.

Kudeta berasal dari bahasa Perancis Coup d'etat atau coup. Mengutip Wiktionary, Coup d'etat secara harfiah berarti pukulan terhadap suatu negara (a sudden blow or strike to a state).

Menurut KBBI, kudeta adalah perebutan kekuasaan (pemerintahan) dengan paksa. Mengudeta adalah melakukan perebutan kekuasaan dengan paksa dan tidak secara sah.

Mengutip Cambridge Dictionary, kudeta adalah kekalahan mendadak pemerintah melalui kekuatan ilegal oleh sekelompok kecil, seringkali kelompok militer.

Kudeta adalah penggulingan atau pengubahan pemerintahan yang ada oleh sekelompok kecil dengan kekerasan. Prasyarat utama kudeta adalah kendali atas semua atau sebagian angkatan bersenjata, polisi, dan elemen militer lainnya.

Secara informal, istilah kudeta terkadang digunakan untuk merujuk pada pengambilalihan atau kemenangan bukan hanya di bidang pemerintahan tetapi juga perusahaan.

Beda Kudeta dan Revolusi

Melansir Kiddle, terdapat perbedaan antara kudeta dan revolusi. Revolusi biasanya membutuhkan banyak orang untuk mengambil alih kekuasaan. Revolusi dicapai oleh sejumlah besar orang untuk membuat perubahan sosial, ekonomi, dan politik.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved