Breaking News:

BATAM TERKINI

Apa Itu Program Sekolah Penggerak? Bakal Diterapkan di Batam

Sekolah Penggerak saat ini sedang menjadi program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Apa itu program sekolah penggerak?

TRIBUNBATAM/ALFANDI SIMAMORA
Sekolah Penggerak saat ini sedang menjadi program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Foto Ilustrasi 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Sekolah Penggerak saat ini sedang menjadi program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Di Batam sendiri, Pemko Batam sudah menyatakan akan mendukung program sekolah penggerak.

Lantas, apa itu program sekolah penggerak?

"Program Sekolah Penggerak merupakan program pemerintah agar pelajar memiliki karakter. Menunjang program ini, tentu perlu Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Batam, Jefridin, Selasa (16/2/2021).

Seperti diketahui, program Sekolah Penggerak adalah upaya untuk mewujudkan visi Pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila. 

Program Sekolah Penggerak berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru). 

Program Sekolah Penggerak merupakan penyempurnaan program transformasi sekolah sebelumnya.

Baca juga: KISAH Nurita Sinaga, 26 Tahun Membelah Lautan Naik Pancung Demi Menyelamatkan Siswa Putus Sekolah

Sekolah Penggerak akan mengakselerasi sekolah negeri/swasta di seluruh kondisi sekolah untuk bergerak 1-2 tahap lebih maju.

Program dilakukan bertahap dan terintegrasi dengan ekosistem hingga seluruh sekolah di Indonesia menjadi Program Sekolah Penggerak.

Adapun program Sekolah Penggerak pada tahun ajaran 2021/2022, program itu akan melibatkan 2.500 satuan pendidikan di 34 provinsi dan 110 kabupaten/kota, tahun ajaran 2022/2023

Halaman
1234
Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved