Breaking News:

Apa Itu Vitamin? Cek Cara Bekerja Vitamin di Tubuhmu Pada Situasi Pandemi Covid

Setiap manusia pasti butuh vitamin. Dalam dunia kesehatan, ada 13 jenis vitamin dan fungsinya atau manfaatnya.

Flick/pmarek98
Ilustrasi - Sayur-sayuran sumber vitamin untuk kesehatan tubuh manusia 

TRIBUNBATAM.id - Mungkin kalimat 'vitamin' tak asing lagi bagi telinga. Kata-kata ini, sering terdengar setiap hati. 

Apa lagi, situasi pandemic ini pihak medis menyarankan setiap orang untuk mengonsumsi vitamin. Agar tubuh bugar dan sehat dan tak mudah diserang virus. Seperti flu, covid19 dan berbagai virus lainnya.

Tapi pernah kah kamu berfikir vitamin itu apa lalu bagaimana cara kerja tubuh manusia? Tribunbatam.id membagikan informasi soal vitamin.

Dilansir situs otoritas kesehatan lamongankab.go.id, Vitamin adalah senyawa organik yang diperlukan oleh tubuh manusia untuk mengatur metabolime tubuh agar tetap sehat dan membantu proses pertumbuhan.

Tubuh manusia tidak dapat memproduksi Vitamin sendiri, oleh karena itu kita perlu mendapatkan Vitamin dari berbagai makanan dan Supplemen agar kesehatan tubuh kita tetap terjaga.

Pada dasarnya tubuh kita hanya memerlukan Vitamin dalam jumlah atau kadar yang sedikit, tetapi jika jumlah atau kadar yang diperlukan tersebut tidak mencukupi maka metabolisme tubuh akan terganggu sehingga menimbulkan penyakit.

Baca juga: Ternyata Ada 5 Khasiat Lain dari Jeruk, Tak Hanya Vitamin C

Gangguan kesehatan atau Penyakit yang timbul akibat kekurangan Vitamin disebut dengan istilah Avitaminosis.

Terdapat 2 (dua) kelompok besar Vitamin, yaitu Vitamin yang dapat larut dalam air (Water Soluble Vitamin) dan Vitamin yang dapat larut dalam Lemak (Fat Soluble Vitamin).

Vitamin - vitamin yang dapat larut dalam air diantaranya adalah Vitamin B dan Vitamin C, sedangkan Vitamin-vitamin yang dapat larut dalam lemak adalah Vitamin A, Vitamin D, Vitamin E dan Vitamin K.

Tubuh menyerap vitamin bukan dari bentuk awal vitamin, melainkan melalui provitamin atau vitamin masih belum aktif, struktur vitamin juga akan berubah ketika masuk dalam tubuh.

Halaman
1234
Penulis: Filemon Halawa
Editor: Filemon Halawa
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved