Breaking News:

Apa Itu Kilang Minyak Pertamina di Tuban yang Bikin Warga Kaya? Bermula Tantangan Jokowi ke Ahok

Kilang minyak adalah pabrik yang mengolah minyak mentah menjadi petroleum yang bisa digunakan. Kilang minyak Pertamina di Tuban bikin warga kaya

TRIBUNBATAM.id - Warga Desa Sumurgeneng, Kecamatan Jenu, Tuban kaya mendadak setelah mendapat uang ganti rugi tanah proyek kilang minyak PT Pertamina ( Persero). 

Ratusan warga di sana langsung membeli mobil, bahkan videonya viral di media sosial.

Lantas apakah itu kilang minyak?

Kilang minyak  adalah pabrik yang mengolah minyak mentah menjadi produk petroleum yang bisa langsung digunakan maupun produk-produk lain yang menjadi bahan baku bagi industri petrokimia.

Produk utama hasil kilang minyak berupa minyak nafta, bensin (gasoline), bahan bakar diesel, minyak tanah (kerosene), dan elpiji.

Pembangunan pabrik kilang minyak di Tuban oleh Pertamina membuat warga kaya mendadak.

Warga mendapatkan ganti rugi hingga miliaran rupiah. 

Baca juga: Dapat Rp 18 Miliar Hasil Jual Tanah ke Pertamina, Nurul Berangkatkan 8 Keluarganya ke Tanah Suci

Proyek ini disebut juga kilang PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI), tepatnya berlokasi di Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Awal rencana pembangunan kilang minyak di Tuban bermula dari kunjungan Presiden Jokowi Widodo bersama Ibu Negara Iriana pada Sabtu, 21 Desember 2019.l

Jokowi melihat potensi besar kilang minyak Tuban bersama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati, dan Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Halaman
1234
Editor: Agus Tri Harsanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved