Breaking News:

Pelabuhan Tanjungbatu Kundur Kini Dikelola BUP Karimun, Sekretaris Dishub: Jadi Sumber PAD

Pemkab Karimun mengambil alih pengelolaan Pelabuhan Tanjungbatu Kundur dari Pemprov Kepri.Selanjutnya akan dikelola BUP Karimun

tribunbatam.id/istimewa
Pelabuhan Tanjungbatu Kundur Kini Dikelola BUP Karimun, Sekretaris Dishub: Jadi Sumber PAD. Foto seusai penandatanganan naskah perjanjian hibah daerah dan berita acara serah terima fasilitas Pelabuhan Tanjungbatu Kundur oleh Plh Gubernur Kepri saat itu, TS Arif Fadillah ke Sekda Karimun, Muhammad Firmansyah di ruang rapat utama Kantor Gubernur Kepri. 

KARIMUN, TRIBUNBATAM.id - Pelabuhan Tanjungbatu Kundur Kini Dikelola BUP Karimun, Sekretaris Dishub: Jadi Sumber PAD.

Pemerintah Kabupaten Karimun resmi mengambil alih pengelolaan Pelabuhan Tanjungbatu Kundur dari Pemerintah Provinsi Kepri.

Hal tersebut ditandai dengan penandatanganan naskah perjanjian hibah daerah dan berita acara serah terima fasilitas Pelabuhan Tanjungbatu Kundur oleh Plh Gubernur Kepri saat itu, TS Arif Fadillah ke Sekda Karimun, Muhammad Firmansyah di ruang rapat utama Kantor Gubernur Kepri.

Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Karimun, Afriyan, mengatakan Pelabuhan Tanjungbatu Kundur akan dikelola Badan Usaha Pelabuhan (BUP) Karimun atau PT Karya Karimun Mandiri (KKM) nantinya.

Selain itu, salah satu pelabuhan tersibuk di Karimun itu akan beralih status menjadi pelabuhan pengumpul atau pelabuhan yang jangkauan angkutan lautnya melayani penyeberangan antar provinsi.

Baca juga: JADWAL Kapal Ferry Pelabuhan Domestik Karimun Tujuan Batam, Tanjungpinang & Provinsi Riau

Baca juga: Perbaikan Pelabuhan Domestik Karimun Lebih Cepat Selesai Dari Jadwal

"Status pelabuhan pengumpul saat ini sudah diusulkan ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Status itu hampir sama dengan Pelabuhan Domestik Tanjungbalai Karimun," ucap Afriyan.

Sementara Pelabuhan Tanjungbatu nantinya masuk dalam wilayah kerja Kantor Kesyahbandaran dan Orotitas Pelabuhan (KSOP) kelas I Tanjungbalai Karimun.

Tidak hanya itu, segala bentuk peningkatan dan perawatan sarana dan prasarana di Pelabuhan Tanjungbatu Kundur itu akan dikelola BUP Karimun.

"Jadi, fasilitasnya akan disiapkan lebih baik lagi termasuk perawatannya oleh BUP Karimun," katanya.

Afriyan mengungkapkan, dengan adanya serah terima itu, Pemerintah Karimun berharap dapat meraup Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui sektor pelabuhan tersebut.

Halaman
12
Penulis: Yeni Hartati
Editor: Dewi Haryati
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved