Breaking News:

Gadis Belia Tersangka Pembunuhan Pria Pemerkosa, Komnas Perempuan Desak Polisi Berlaku Adil

Cerita remaja putri MS (15) menjadi tersangka karena membunuh pria dewasa yang memperkosanya menuai sorotan. Komnas Perempuan angkat bicara

Editor: Agus Tri Harsanto
dailypost Via Tribun Style
Ilustrasi korban pemerkosaan 

TRIBUNBATAM.id - Cerita remaja putri MS (15) menjadi tersangka karena membunuh pria dewasa yang memperkosanya menuai sorotan.

MS ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan pria berinisial NB (48) di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur.

Dalam pengakuannya MS membunuh NB karena dipaksa berhubungan badan saat sedang mencari kayu api.

Menanggapi kasus tersebut Komisioner Komnas Perempuan Tiasri Wiandani meminta pihak kepolisian untuk bersikap adil.

Komnas Perempuan juga meminta polisi mengedepankan perspektif perlindungan anak dan perlindungan perempuan dalam proses penyelidikan itu.

Tia menjelaskan kepolisian harus berpegang pada ketentuan Pasal 49 Ayat (1) dan (2) KUHP.

"Polisi dalam proses hukumnya juga harus melihat kasus ini dalam perspektif perlindungan perempuan karena ada ancaman pemerkosaan," jelas Tia saat dihubungi Kompas.com, Jumat (19/2/2021).

Baca juga: Gadis Belia Tersangka Pembunuhan di Hutan, Dijerat 3 Pasal Tewaskan Pria yang Coba Memperkosa

Di dalam ayat (1) Pasal tersebut dituliskan bahwa "Tidak dipidana, barangsiapa melakukan perbuatan pembelaan terpaksa untuk diri sendiri maupun untuk orang lain, kehormatan kesusilaan atau harta benda sendiri maupun orang lain, karena serangan atau ancaman serangan yang sangat dekat pada saat itu yang melawan hukum."

Sedangkan pada ayat berikutnya dituliskan bahwa "Pembelaan terpaksa yang melampaui batas, yang langsung disebabkan oleh keguncangan jiwa yang hebat karena serangan atau ancaman serangan itu, tidak dipidana."

Tia mengungkapkan, perempuan sangat rentan terkena kasus pidana saat melakukan pembelaan diri karena perspektif terhadap perlindungan perempuan dalam proses hukum masih sangat lemah.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved