Breaking News:

KARIMUN TERKINI

Lokasi Lego Jangkar Karimun Dibahas, Bisnis Kepelabuhan Menggeliat Lagi

Perairan Tanjungbalai Karimun berpeluang untuk melakukan lego jangkar seperti yang diterapkan oleh pemerintah pusat.

TRIBUNBATAM/YENI
Rapat pembahasan pelaksanaan lego jangkar di Perairan Tanjungbalai Karimun 

KARIMUN, TRIBUNBATAM.id -  Perairan Tanjungbalai Karimun berpeluang untuk melakukan lego jangkar seperti yang diterapkan oleh pemerintah pusat.

Seperti yang diketahui titik lokasi perijinan lego jangkar Kepulauan Riau terdiri dari Kota Batam, Kabupaten Bintan dan Kabupaten Karimun.

Kepala Bidang Kepelabuhanan Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Riau, Aziz Kasim Djou, mengatakan pihaknya mendukung kembalinya aktivitas lego jangkar pemerintah Kepulauan Riau dengan Kantor Kesyahbandaran dan Otorita Pelabuhan kelas I Tanjungbalai Karimun.

"Semoga ini bisa berjalan baik dan optimal dengan dioperasikan oleh PT Karya Karimun Mandiri, kami bersama KSOP mendukung sampai kerjasama ini tinggal dilaksanakan," ucap Aziz Kasim Djou.

Selain itu, kepala bidang kepelabuhanan dinas perhubungan juga menyebutkan sebagai lokasi lego jangkar diatur undang-undang.

Ia menambahkan, "Untuk lokasinya harus dipenuhi setelah terpenuhi baru berbicara pengelolaan yang tentunya tidak terlepas dari pengawasan KSOP setempat," jelasnya.

Baca juga: Musrenbang Pangke Barat Karimun Fokus ke Bantuan Langsung Tunai Dampak Covid-19

"Pemprov Kepri menyarankan agar BUP harus memiliki kesiapan untuk mengelola aktivitas lego jangkar," tambahnya.

Karena didalam aktivitas lego jangkar, terdapat sejumlah jasa yang diberikan oleh pengelola Ship to Ship (STS) yaitu aktifitas bongkar muatan di tengah laut, lay up yaitu kapal berlabuh dalam waktu tertentu, pembersihan seperti perawatan kapal, perbaikan, serta penyediaan logistik.

"Nantinya setiap perusahaan yang masuk tidak perlu repot dalam pelayanan karena sudah prima dan itu menunjukkan BUP Kabupaten Karimun telah mampu menghandle perusahaan asing," jelasnya.

"Pengelolaan aktivitas lego jangkar juga tentunya sangat berpengaruh terhadap pendapatan ekonomi pemerintah daerah," tambah Aziz.

Halaman
12
Penulis: Yeni Hartati
Editor: Agus Tri Harsanto
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved