Breaking News:

ANAMBAS TERKINI

Pemkab Anambas Gencar Realisasikan Pamsimas, 2021 Tunggu Dana Pusat Turun

Penyediaan air bersih di Anambas sudah dibuat di 17 desa. Tahun 2021 ini ada 14 desa yang akan masuk Pamsimas.

TribunBatam.id/Rahma Tika
Pemkab Anambas Gencar Realisasikan Pamsimas, 2021 Tunggu Dana Pusat Turun. Foto Kepala Seksi Perencanaan Cipta Karya, Adelmi Parera. 

ANAMBAS, TRIBUNBATAM.id - Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (DPUPR) Kepulauan Anambas gencar merealisasikan program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat atau Pamsimas.

Pamsimas merupakan suatu program penyediaan air minum, sanitasi dan kesehatan akan efektif dan berkelanjutan bila berbasis pada masyarakat melalui pelibatan seluruh masyarakat.

Serta dilakukan melalui pendekatan yang tanggap terhadap kebutuhan masyarakat.

Untuk itu perlu dilakukan suatu usaha pemberdayaan masyarakat, agar masyarakat berpartisipasi secara aktif dalam menyiapkan, melaksanakan, mengoperasionalkan.

Serta memelihara sarana yang telah dibangun, serta melanjutkan kegiatan peningkatan derajat kesehatan di masyarakat dan lingkungan sekolah.

Tujuan program Pamsimas adalah untuk meningkatkan akses layanan air minum dan sanitasi bagi masyarakat miskin perdesaan khususnya masyarakat di desa.

Kepala Seksi Perencanaan Cipta Karya, Adelmi Parera menyebutkan bahwa 2021, kegiatan Pamsimas belum bisa dilaksanakan dikarenakan Dana Alokasi Khusus (DAK) belum dientry.

Krisis air di Kabupaten Anambas, Provinsi Kepulauan Riau membuat warga harus mengantre dengan menjejerkan jerigen di dekat bak penampungan air sehingga bisa mendapatkan air bersih.
Krisis air di Kabupaten Anambas, Provinsi Kepulauan Riau membuat warga harus mengantre dengan menjejerkan jerigen di dekat bak penampungan air sehingga bisa mendapatkan air bersih. (TRIBUNBATAM.id)

"Sejauh ini penyediaan air bersih kami sudah banyak, ada 17 desa.

Insya Allah tahun ini akan ada 14 desa yang akan kami kerjakan," ujar Adelmi, pada Senin (22/2/2021).

Pihaknya belum lama ibu mensurvei di 14 desa di Anambas itu.

Halaman
1234
Penulis: Rahma Tika
Editor: Septyan Mulia Rohman
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved