Breaking News:

Bantu Korban Bencana Alam, Risma Bakal Lelang Rolls-Royce dan Mercedez Benz

Prioritas yang memperoleh bantuan dari hasil lelang ini adalah para korban bencana yang rumahnya hancur lebur.

Ist/ Dok Kemensos
Ilustrasi. Aksi Blusukan Mensos Risma 

TRIBUNBATAM.id, JAKARTA -  Bencana alam yang menimpa beberapa wilayah di Indonesia membuat Kementerian Sosial berniat melelang 1 unit Mobil Rolls-Royce Type Ghost 2012 untuk korban bencana.

Ide melelang mobil Rolls-Royce timbul dari Menteri Sosial Tri Rismaharini saat mengetahui ada banyak barang mewah hasil undian yang dimiliki Kementerian Sosial.

Secara undang-undang barang undian yang tidak diambil diserahkan ke Kementerian Sosial. Hal itu berdasarkan Undang-undang nomor 22 tahun 1954 tentang undian, hadiah tidak diambil pemenang atau hadiah tak tertebak.

Risma juga telah menyampaikan niatnya melelang Rolls-Royce Type Ghost itu kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Prioritas yang memperoleh bantuan dari hasil lelang ini adalah para korban bencana yang rumahnya hancur lebur.

"Saya sampaikan ke Bapak Presiden, bagaimana kalau barang-barang ini untuk membantu masyarakat yang terkena bencana. Terutama yang rumah-rumahnya hancur karena kena bencana," ucap Risma di Jakarta, Selasa (23/2).

Rolls-Royce Type Ghost 2012 itu didapat dari perusahaan penerbangan Batik Air pada tahun 2016 dengan Harga Perolehan senilai Rp8.350.000.000. Harga Perolehan senilai Rp 8,3 miliar tersebut, kata Risma, akan dinilai kembali sebelum Kemensos melelang mobil tersebut.

"Jadi harus ada appraisal, saya minta appraisal dilakukan oleh umum sehingga harganya memang harga sesuai pasar," ujar Risma.

Bukan hanya Rolls-Royce, ada juga 8 unit mobil lain yang diperoleh Kementerian Sosial berkat Undang-undang nomor 22 tahun 1954 tentang undian. Salah satunya Mobil Mercedez Benz S300 Solitare 2014 dengan Perolehan Harga senilai Rp1.558.000.000.

Mercedes-Benz S300 Solitare ini nantinya juga akan dilelang untuk kemudian hasil lelangnya diberikan kepada para korban bencana. Selain itu Kemensos juga memperoleh 27 unit sepeda motor, ratusan gram emas, belasan unit jam tangan mewah, 14 tas Luis Vuitton, 7 unit Handphone mewah, Smartphone, Tablet, alat elektronik kantor, dan PlayStation 3, dan lainnya. Bila dinominalkan, barang-barang hasil undian yang diperoleh Kementerian Sosial senilai Rp18.032.837.164.

"Dari tas LV, channel, jam Chartier, ada emas, itu kita lelang semua. Ada kalau gak salah smartphone, kemudian ada, nanti sy berikan datanya. Ada mobil, motor, jam tangan, tas mewah, hp yg bagus, ada video game, kemudian ada alat electronics kantor, kemudian ada smartphone dan tablet. Gitu," tutur Risma.

Risma menjelaskan, bersama Kementerian PUPR, Kemensos telah merancang adanya pembangunan rumah khusus bagi para korban bencana. Dana merancang rumah tersebut bersumber dari lelang barang-barang undian milik Kemensos. "Nanti yang spot-spot kecil gitu seperti tujuh rumah atau 40 rumah, mungkin bisa kita ambilkan dananya dari lelang ini," tutur Risma.

Menurut Risma, Presiden Jokowi juga telah menyampaikan agar usulan ini segera diajukan ke Pemerintah. Diharapkan, proses lelang barang-barang mewah hasil undian milik Kemensos bisa dilakukan pada bulan Maret. Lelang barang-barang mewah tersebut, termasuk Rolls-Royce Type Ghost 2012, akan dibuka untuk umum.

"Jadi ini nanti kami lelang semuanya. Ini sudah kita ajukan, saya mohon izin ke presiden dulu, kemudian setelah itu kita proses lelang. Mudah-mudahan awal bulan Maret sudah bisa dilelang," ujar Risma. (*)

Editor: Rimna Sari Bangun
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved