Breaking News:

Janji Anies Baswedan Tangani Banjir Jakarta Ditagih, Naturalisasi Sungai Ciliwung Belum Maksimal

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ditagih janjinya menangani banjir, normalisasi Kali Ciwilung belum maksimal, baru Kanal Banjir Barat

dok.tribunnews.com
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mulai ditagih janjinya dalam menangani banjir 

TRIBUNBATAM.id - Tiga tahun menjabat Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menuai sorotan dalam penanganan banjir.

Warga Jakarta tentu saja berharap Anies Baswedan mampu menangani persoalan banjir.

Namun lebih tiga tahun menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan tidak kunjung memaksimalkan naturalisasi Sungai Ciliwung.

Padahal program naturalisasi Sungai Ciliwung digadang-gadang sebagai salah satu solusi mengatasi banjir.

Berdasarkan catatan Kompas.com, Pemprov DKI Jakarta di bawah kepemimpinan Anies baru merampungkan naturalisasi Kanal Banjir Barat segmen Shangri La-Karet, Jakarta Pusat, dengan lebar 8 meter.

Baca juga: Ramai Komentar Soal Ujaran Pasha ke Giring, Imbas Kritik Anies Baswedan, Sindir Kemajuan Kota Palu

Hasil dari program untuk menambah kapasitas sungai tersebut terekam dalam unggahan akun Twitter resmi Pemprov DKI Jakarta, @ DKIJakarta, pada 7 Januari 2021 lalu.

Di unggahan itu terlihat gambar bantaran sungai yang sudah dirapikan, dibeton, dan dilengkapi dengan jalur pejalan kaki dan pesepeda yang dilapisi ubin berwarna abu-abu dan hitam.

Meski telah dipercantik sedemikian rupa, pembetonan ini tidak sejalan dengan konsep naturalisasi sungai yang dimaksud oleh Anies saat baru menjabat sebagai Gubernur DKI akhir 2017 lalu.

Menurut Anies, naturalisasi adalah upaya meningkatkan kapasitas sungai dengan menghidupkan kembali ekosistem pinggir sungai secara "alamiah" atau natural.

Salah satunya dengan menanam berbagai pohon dan tumbuh-tumbuhan, bukan dengan pembetonan yang dilakukan oleh pemerintahan Ibu Kota sebelumnya melalui proyek normalisasi.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved