Breaking News:

BATAM TERKINI

Menteri Perhubungan RI Datangi Pelabuhan Batu Ampar, Ini Sejumlah Pesan untuk KSOP

Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi langsung didampingi sejumlah Dirjennya serta kepala kantor Kesyahbandaran se-Kepri.

TRIBUNBATAM.id/BERES LUMBANTOBING
Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi mengunjungi dermaga Pelabuhan Macobar Batu Ampar, Batam 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) khusus Batam menyambut kunjungan Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi di Dermaga Pelabuhan Macobar, Batu Ampar, Batam, Kamis (25/2/2021) pagi.

Humas KSOP khusus Batam, Aina Solmidas mengatakan kunjungan Menteri Perhubungan ke Batam guna meningkatkan kordinasi  Kesyahbandaran di wilayah perairan Kepri.

"Pak menteri pagi acara kordinasi di dermaga pelabuhan Batu Ampar, sehabis itu nanti meresmikakan ponton dermaga ASDP Punggur," ujarnya.

Dalam kunjungannya ke dermaga Pelabuhan Batu Ampar, Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi langsung didampingi sejumlah Dirjennya serta kepala kantor Kesyahbandaran se- Kepri.

Menteri Perhubungan, Budi langsung melihat kondisi pelabuhan Batu Ampar. Ia juga langsung menaiki kapal KPLP untuk melihat 2 unit kapal raksasa tangkapan Bakamla RI yamg berlabuh tidak jauh dari perairan Batu Ampar.

Menteri Budi mengatakan dalam kunjungannya, ia memberikan sejumlah perhatian terhadap potensi kondisi perairan Batam, baik potensi ekonomi dan potensi pelanggaran hukum.

Baca juga: PASTIKAN Pasokan Makanan Aman, Disperindag Batam Gandeng HKTI Kepri

Ia mengakui dalam kunjungannya ke dermaga Pelabuhan Batu Ampar untuk menyelesaikan permasalahan hukum kasus kapal MT Horse dan Freya yang diamankan Bakamla RI beberapa waktu lalu.

"Kita harus menjalin kolaborasi untuk menjaga kedaulatan kita. Maka saya perintahkan untuk semua KSOP perlu meningkatkan kordinasi," ujar Budi.

Disampaikannya ada beberapa poin yang menjadi tugas Kesyahbandaran termasuk memaksimalkan kecepatan kapal, mengadakan patroli bersama dengan Bea Cukai, TNI/Polri hal itu untuk mengantisipasi pelanggaran hukum perairan.

Tak hanya itu, lanjut Menteri Budi Kesyahbandaran juga mengawasi galangan kapal dan melakukan monitor tindak lanjut tentang kegiatan ship to ship kapal dan kegiatan lain yang secara legal melanggar aturan hukum.

Halaman
123
Penulis: Beres Lumbantobing
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved