Breaking News:

Praktisi Pelayanan Pelanggan Padati ZoomBA, Modernisasi Pelayanan Pelanggan di Era Digital

Zoom Bersama ATB (ZoomBA) kembali dibanjiri peserta. Peserta webinar yang mengangkat tema “Frontliner Pintar, Era Digital”

Ist
Head of Corporate Secretary ATB, Maria Jacobus saat menjadi narasumber ZoomBA dengan tema “Frontliner Pintar, Era Digital”. 

BATAM – Zoom Bersama ATB (ZoomBA) kembali dibanjiri peserta. Peserta webinar yang mengangkat tema “Frontliner Pintar, Era Digital” ini merasa beruntung karena mendapatkan banyak wawasan dan pengalaman baru seputar pelayanan pelanggan sebagai garda terdepan perusahaan.

Puluhan praktisi pelayanan pelanggan dari berbagai wilayah di Indonesia tampak asik berbincang dengan Head of Corporate Secretary ATB, Maria Jacobus, yang didaulat menjadi narasumber ZoomBA kali ini.

Pengalaman 25 tahun ATB memberi pelayanan yang profesional dibahas Maria dalam ZoomBA. Pelayanan pelanggan sebagai garda terdepan di era digital harus selalu siap dengan segala perubahan sesuai yang dibutuhkan pelanggan.

Asisten Manager Kas dan Penagihan PDAM Tugu Tirta Kota Malang, Slamet Raharjo, adalah salah satu peserta yang antusias berinteraksi dengan narasumber.

Slamet menggali strategi yang diterapkan ATB dalam menghadapi pelanggan milenial, serta pembekalan yang diberikan kepada Customer Service untuk menghadapi pelanggan mileneal. Slamet ingin mendapat ilmu mengenai trik menghadapi pelanggan milenial serba instan dan cepat.

“Banyak pencerahan dan pengalaman baru mengenai pelayanan pelanggan yang kami serap melalui ZoomBA," ujarnya

Maria menjelaskan, ATB telah menggunakan teknologi informasi dalam menghasilkan pelayanan yang profesional. Tidak hanya sebatas teknologi di bagian operasional lapangan melalui SPARTA smart solution. ATB juga mengaplikasikan teknologi untuk layanan back office.

Peserta ZoomBA lainnya Halida Srikandini dari Perumdam Tirta Kertaraharja Kabupaten Tangerang juga masih penasaran dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) frontliner dalam menghadapi pelanggan. Petugas di tempatnya butuh waktu 20 menit untuk melayani 1 pelanggan.

"Di ATB berapa target waktu pelayanan Sesuai SOP yang harus ditangani petugas frontliner dalam melayani seorang pelanggan? Kami ingin belajar untuk lebih efisien," ujar Halida.

Maria mengungkapkan, ATB telah menerapkan teknologi informasi yang di bangun oleh tim internal ATB yakni ATB Integrated Information Sistem (AIRS). Dengan AIRS konsumen yang datang ke kantor pelayanan sudah dengan mudah mengetahui data dan history dari pelanggan.

"Di ATB semua pelayanan sudah terukur, semua ada SOP nya. Handling time untuk satu pelanggan maksimal 7 menit. Dengan AIRS sangat membantu memudahkan dalam memberikan pelayanan," ucap Maria.

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan publik jadi sebuah keharusan membangun komunikasi dan publikasi yang baik ke konsumen. Garda depan di pelayanan seperti Hubungan Pelanggan (Hublang), Hubungan Masyarakat (Humas), Customer service dan sejenisnya tetap membangun publikasi yang baik.

ZoomBA hadir spesial untuk petugas garda depan, sangat merasakan manfaat sharing ilmu dan juga pencerahan untuk memperbaiki kualitas pelayanan. Materi dan pembahasan yang disampaikan narasumber juga menjadi bahan evaluasi dimasing-masing perusahaan air.

Program ZoomBA kiat berbagi ala ATB siap membantu menyehatkan PDAM untuk meningkatkan pelayanan dari berbagai bidang mulai dari pelayanan hingga operasional di lapangan. (*)

Penulis: Renhard Patrecia Sibagariang
Editor: Agus Tri Harsanto
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved