Breaking News:

BATAM TERKINI

Apa Itu Program Bangga Kencana? Berhasil Membawa Batam Raih Prestasi Terbaik

Kota Batam mampu mengungguli Kabupaten Lingga dan Kota Tanjungpinang yang menempati urutan kedua dan ketiga pada kategori penghargaan yang sama.

TRIBUNBATAM.id/ROMA ULY SIANTURI
Walikota Batam, HM Rudi mengatakan, Batam berhasil menjadi yang terbaik dalam capaian pelaksanaan Program Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) di Provinsi Kepri 2020. 

BATAM, TRIBUNBATAM.id - Batam berhasil menjadi yang terbaik dalam capaian pelaksanaan Program Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) di Provinsi Kepri 2020.

Capaian tersebut merupakan hasil evaluasi pengendalian Program Bangga Kencana selama satu tahun berjalan.

Sekalipun di tengah pandemi Covid-19, Pemko Batam melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB (P3AP2KB) Kota Batam, tetap berkomitmen menyelenggarakan Program Bangga Kencana sebaik mungkin.

Dan memaksimal capaian target yang telah ditetapkan dan disepakati bersama Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Provinsi Kepri.

Dalam hal ini, Kota Batam mampu mengungguli Kabupaten Lingga dan Kota Tanjungpinang yang menempati urutan kedua dan ketiga pada kategori penghargaan yang sama.

"Alhamdulillah, ini berkat kerja bersama, dan dukungan dari masyarakat Batam secara keseluruhan," ujar Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, Sabtu (27/2/2021).

Baca juga: SIANG Ini, Bupati Bintan Apri Sujadi Terbang ke Jakarta, Begini Reaksinya saat Disinggung soal KPK 

Lalu, apa itu program Bangga Kencana?

Walikota Batam, HM Rudi mengatakan, Program Bangga Kencana adalah program yang berfokus dan menjadikan keluarga sebagai sandaran pembangunan.

Program ini mengarahkan bagaimana keluarga mempunyai rencana berkeluarga, mempunyai anak, mempunyai pendidikan sehingga terbentuk keluarga-keluarga yang berkualitas.

"Dalam hal ini, bagaimana membina keluarga balita dan anak, bagaimana membina keluarga remaja dan bagaimana membina keluarga lansia. Ini juga terkait grand desain kependudukan serta pelaksanaan pembangunan akan sangat dipengaruhi oleh jumlah penduduk yang ada," paparnya.

Rudi juga menyakan bahwa hakikatnya program ini masyarakat harus mempertimbangkan kemampuan daya dukung dan daya tampung suatu keluarga.

Baik itu dari sisi kesehatan, ekonomi, pendidikan, intelektual, lingkungan tempat tinggal, ekonomi, agama dan sebagainya yang semua itu tertuang dalam delapan fungsi keluarga.

"Terima kasih kepada petugas yang berkerja di lapangan, kita sama-sama harapkan melalui prestasi ini, keluarga di Batam makin berkualitas," katanya.

Secara resmi, penghargaan tersebut disampaikan BKKBN saat pembukaan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Program Bangga Kencana, Kamis (25/2/2021) lalu di Ruang Rapat lantai IV Kantor Gubenur Kepri, Dompak-Tanjungpinang. (TRIBUNBATAM.id/Roma Uly Sianturi)

Baca juga Berita Tribun Batam lainnya di Google

Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved